SATUAN YONIF 410 IKUTI UPACARA HUT TNI KE-73 DI SEMARANG

1 SSK Dari Satuan Yonif 410/Alugoro

Semarang,- Tepat dalam rangka HUT TNI Ke-73 pada Jumat 05 Oktober 2018 dilaksanakan upacara di Lanud Ahmad Yani Semarang, di pagi hari pasukan dari berbagai satuan Angkatan Darat, Laut dan Udara sudah berbaris rapi siap  mengikuti upacara parade dan defile.

Berbagai macam Alutsista TNI dari ketiga matra pun sudah tergelar dan tertata apik menghiasi sisi lapangan upacara, tidak hanya itu dari anggota Polri maupun PNS juga ikut mengikuti rangkian kegiatan upacara maupun defile di  Lanud Ahmad Yani Semarang.

Sebanyak 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) dari Satuan Yonif 410/Alugoro yang dipimpin oleh Komandan Kompi Senapan B Kapten Inf Agus Supriyanto melaksanakan rangkaian kegiatan upacara parade serta defile tersebut.

Wadanyonif 410/Alugoro Mayor Inf Acuk Andrianto bertindak sebagai Danyon Upacara 3, yaitu memimpin 3 Batalyon meliput 1 SSK dari Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa, 1 SSK dari Yonif 410/Alugoro serta 1 SSK dari Yonkav 2/TC.

Dalam amanat yang disampaikan oleh Inspektur Upacara oleh Panglima Kodam IV/Dip Mayjend TNI Wuryanto, S.Sos,M.Si mengucapkan selamat hari Ulang Tahun ke-73 kepada seluruh prajurit TNI dimanapun bertugas.

Pada awal amanatnya, Panglima TNI mengajak seluruh komponen bangsa untuk mendoakan para korban bencana alam gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah dan juga korban gempa di Lombok.

Dikatakan Panglima TNI, bahwa TNI bersama-sama berbagai kompenen bangsa lainnya telah bekerja bahu-membahu sekuat tenaga untuk meringankan beban para korban bencana alam, TNI telah mengerahkan personel dan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista)nya untuk memberikan bantuan dan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, melakukan pengamanan dan memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap.

Diungkapkan Panglima TNI, yang dilakukan TNI di lokasi bencana baik pengerahan personel maupun Alutsista merupakan sebagian bentuk dari Profesionalitme TNI. Oleh karena itu sangat tepat apabila peringatan HUT ke-73 TNI ini mengusung tema “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”.

“Tema singkat ini mengandung makna bahwa TNI senantiasa ditingkatkan profesionalitasnya melalui berbagai pendidikan, latihan, persenjataan, Alutsista serta dipenuhi kesejahteraannya oleh negara semata-mata untuk seluruh rakyat Indonesia”, ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Diungkapkan Panglima TNI, sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari berbagai tantangan saat ini dan masa depan yang semakin kompleks. Perkembangan politik dan ekonomi serta teknologi global telah menciptakan ruang atau dimensi dan metode peperangan baru.

Krisis ekonomi yang diikuti dengan percaturan politik global membawa ketidakpastian dan kekhawatiran dalam menjangka prospek masa depan. Ketidakpastian akbibat krisis ekonomi dan kepemimpinan global yang dikatalisasi oleh disrupsi teknologi membawa perang tidak lagi terbatas (restricted war) dalam suatu batas teriotial.

“Perang menjadi tidak terbatas (unrestricted war) masuk ke berbagai dimensi seperti perang ekonomi, perang dagang, perang hukum, perang siber, perang opini dan bahkan akhir-akhir ini kita menyaksikan adanya perang mata uang di berbagai negara, “ ungkap Panglima TNI. 

Hadir dalam memeriahkan HUT TNI ke-73 yaitu anak-anak sekolah dari Kabupaten  Purwodadi yang menampilkan seni budaya Ki Ageng Selo serta penampilan atraksi Youngmodo dari Brigif 4/Dewa Ratna yang menampilkan atraksi sangat memukau untuk para undangan serta anak - anak sekolah yang hadir di Lanud Ahmad Yani Semarang.

Dalam akhir kegiatan satuan Yonif 410/Alugoro melaksanakan defile dipimpin oleh Wadanyonif 410/Alugoro Mayor Inf Acuk Andrianto dan melaksanakan penghormatan kepada Pangdam IV/Dip, Gubernur Jawa Tengah, Kapolda Jawa Tengah, Gubernur Akmil, serta pejabat lainnya. Aksi defile Yonif 410/Alugoro disaksikan langsung oleh Danyonif 410/Alg Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, S.I.P yang bertindak sebagai tamu undangan.

“Dalam penjelasannya bahwa Alugoro sudah memberikan yang terbaik dalam giat rangkian HUT TNI ke-73 dan semoga kedepannya TNI selalu jaya,” pungkasnya. (JW/ YonALG /Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Wakil Ketua DPRD Blora Hadiri Temu Petani Tebu Blora dengan Pendiri Pabrik Gula Rembang

BLORA — Dalam acara temu kangen, seorang pengusaha Kamajaya yang dulu membidani Pabrik Gula (PG) Blora bertemu dan berdialog de...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »