RIBUAN WARGA BLORA INGIN JADI ANGGOTA PPS PILGUB 2018 DI KABUPATEN BLORA

Para Pendaftar Calon Anggota PPS Di Kabupaten Blora
Blora,- Setelah mengalami perpanjangan masa pendaftaran dari 01 November menjadi 03 November 2017, Pendaftaran Calon Anggota PPS Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng 2018 menyedot banyak peminat. Tercatat dari Laporan PPK Se-Kabupaten Blora yang baru dilantik sehari sebelumnya, bahwa jumlah pendaftar Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS)  se-Kabupaten Blora menunjukkan jumlah yang sangat signifikan. Terdapat 1.750 orang jumlah pendaftar dengan rincian laki-laki sejumlah 1.094 orang dan perempuan sejumlah 656 orang.
Rekruitmen calon Anggota PPS dengan metode pendaftaran secara terbuka memang baru kali ini dilaksanakan. Sebelumnya rekruitmen dilakukan melalui mekanisme pengusulan kepala desa/kepala kelurahan bersama BPD/LKMK. Dengan mekanisme yang diterapkan saat ini, proses rekruitmen diumumkan secara terbuka baik melalui pengumuman media massa, jejaring sosial, birokrasi hingga tingkat desa/kelurahan. Sehingga Pengumuman Pendaftaran tersebut dapat tersebar secara meluas sampai ke pedesaan.
Dari proses pendaftaran yang telah dilakukan, memang masih terdapat beberapa desa yang pendaftarnya hanya mencapai 3 orang. Namun di beberapa desa/kelurahan yang lain, pendaftarnya mencapai belasan. Anggota PPS yang dibutuhkan sebanyak 3 orang untuk setiap desa/kelurahan, untuk Kabupaten Blora dibutuhkan PPS sekira 885 orang untuk 295 Desa/Kelurahan.
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora yang membidangi Badan Penyelenggara, Moesafa menjelaskan bahwa dari data yang ada menunjukkan bahwa pendaftar terbanyak ada di desa Todanan dan Kelurahan Randublatung yaitu sejumlah 16 pendaftar.
Sedangkan untuk tingkat kecamatan pendaftar terbanyak ada di kecamatan Blora yaitu sebanyak 180 pendaftar. Setelah pendaftaran ditutup pada Jumat kemarin (03/11/2017), selanjutnya KPU Blora memberikan mandat kepada Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) untuk melakukan Seleksi Administrasi dokumen pendaftar PPS di wilayah Kecamatannya masing-masing.
"Seleksi administrasi ini akan dilakukan pada tanggal 04–06 November 2017 dan selanjutnya pendaftar PPS yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi akan diundang untuk mengikuti seleksi Wawancara pada 08–09 November 2017," jelas Moesafa.

Moesafa menambahkan bahwa dengan banyaknya jumlah pendaftar calon Anggota PPS ini menunjukkan bahwa masyarakat mempunyai perhatian yang besar terhadap proses politik yang sedang berjalan di Kabupaten Blora. 
"Sekaligus menandakan adanya keinginan yang kuat dari masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses politik khususnya dalam penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Blora," pungkasnya. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »