TANAMKAN PRAKTEK DEMOKRASI YANG BERKWALITAS, SMKN 1 BLORA GELAR PILKETOS

Surat Suara Pasangan Calon Ketua Dan Wakil Ketua Osis
Blora,- Sinar mentarai yang cerah mengiringi civitas pendidikan SMKN 1 Blora dalam Apel Pagi ini di halaman sekolah Jl. Gatot Subroto KM-4,5 Blora. Apel ini digelar menjelang Pemungutan Suara Pemilihan Ketua OSIS (PILKETOS) SMKN 1 Blora yang dilaksanakan Jum’at (03/11/2017).
Pelaksanaan Pilketos mengadopsi sistem Pemilihan Kepala Daerah seperti yang biasa dilaksanakan di Indonesia lengkap dengan tahapan pencalonan dan kampanye.
Dalam Tahapan Pencalonan Pilketos SMKN 1 Blora memunculkan 4(empat) Pasangan Calon yang terdiri dari Pasangan Calon :
Nomor Urut 1 Paslon Ketua Osis dan Wakil Ketua Osis : Ilham Zuhri dan Ella Safitri; Nomor Urut 2 Paslon Ketua Osis dan Wakil Ketua Osis : Achmad Khasanudin dan Diah Kharisma Rahayu; Nomor Urut 3 Paslon Ketua Osis dan Wakil Ketua Osis : Dewangga Nur Rizal dan Zikri Fadhillah; dan Nomor Urut 4 Paslon Ketua Osis dan Wakil Ketua Osis : Dendi Wahyu Pratama dan Indriyani Nur Anisah.
“Dalam masa pendaftaran calon, masing-masing calon Ketua dan calon Wakil Ketua mendaftar sendiri-sendiri. Baru setelahnya dipasangkan melalui mekanisme yang telah diatur sehingga didapatkan 4 Pasangan Calon yang kemudian ditetapkan,” Ungkap Ahmad Fahrul Aji Wibowo siswa kelas XII TKR 1 yang menjabat sebagai Ketua KPUnya SMKN 1 Blora.
Setelah ditetapkan sebagai Pasangan Calon, masing-masing Paslon diberikan kesempatan untuk melakukan Kampanye. Komisi Pemilihan Umum SMKN 1 Blora sendiri memfasilitasi kampanye dalam dua bentuk. Pertama dalam penyampaian Visi-Misi-Program Paslon yang dilakukan dihadapan seluruh pemilih (siswa) pada saat upacara bendera hari senin kemarin 30/10/2017. Kedua dalam bentuk debat publik yang digelar pada kesokan harinya, selasa 31/10/2017.
Sedangkan, Jum’at 3/11 telah dilangsungkan Pemungutan Suara Pilketos SMKN 1 Blora dengan 1 TPS terpusat yang di bagi ke dalam tiga lajur pemungutan untuk masing-masing tingkatan kelas dan setiap lajur berisi 5 bilik suara. Pemungutan suara dimulai pada pukul 07.00 WIB. Kegiatan pemilihan Osis didahului dengan sambutan Ketua KPUnya SMKN 1 Blora dan sambutan Pengarahan dari Kepala SMKN 1 Blora Drs. Mariya, M.Pd.

“Pemilihan Ketua OSIS secara langsung ini menjadi proses pembelajaran bersama tentang bentuk dan praktek demokrasi, khususnya bagi para siswa. Dengan demikian para siswa mempunyai pemahaman dan pengalaman yang utuh guna mewujudkan pemilu yang berkualitas dan demokrasi yang bermartabat. Apalagi diantara kalian sudah ada yang mempunyai hak pilih dalam Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 27 Juni 2018 yang akan datang, gunakanlah hak pilih sebaik-baiknya,” pungkas Mariya. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »