Upacara Bendera Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, Di Blora Sederhana Sesuai Protokol Kesehatan

Upacara HUT RI Ke-75
BLORA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora pada Senin pagi (17/08/2020) pukul 07.00 WIB, melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka Peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Bertempat di halaman Kantor Bupati Blora, upacara tahun ini dilaksanakan dengan sederhana sesuai protokol kesehatan.

Bupati Blora H. Djoko Nugroho bertindak langsung sebagai inspektur upacara. Turut  hadir jajaran Forkopimda, Sekda, dan Kepala Instansi Vertikal. Sedangkan peserta upacara merupakan unsur TNI, Polri, Satpol PP, dan perwakilan ASN baik KORPRI maupun sipil, yang jumlahnya hanya sekitar 100 orang, seluruhnya memakai masker, face shield, serta jaga jarak.

Sedangkan komandan upacara adalah Kapten Inf Agus Supriyanto, pengibar bendera dari Purna Paskibraka 2019, kemudian pembaca pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPRD dan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blora.

Bupati Blora dalam amanatnya membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, SH, M.IP, yang menekankan bahwa “urip kui sanajan abot tetep kudu dilakoni. Ojo sambat lan ojo ngeluh. Ojo mandeg senajan dengkul wis ndredek,” (mengutip kalimat Mbah Padmo, warga Dusun Girpasang Klaten)

“Di usia negara kita yang ke-75 tahun ini spirit jangan mengeluh itulah yang mesti ada di setiap dada kita, seberat apapun kehidupan yang kita hadapi. Termasuk kondisi di tengah pandemi sebagaimana yang kita rasakan sekarang. Seberat apapun kehidupan yang kita hadapi, termasuk kondisi di tengah pandemi Covid-19, kita harus tetep semangat. Kita bisa belajar dari keteguhan tekad dan spirit hidup mbah Padmo,” ucapnya.

Dalam pesannya, Bupati menyampaikan bahwa Gubernur Jawa Tengah ingin mengajak seluruh warga masyarakat untuk pantang menyerah dan tetap optimis dalam menghadapi cobaan hidup, terlebih sebagai masyarakat berbangsa dan bernegara.

“Kebersamaan, semangat gotong royong dan saling menolong harus tetap dilakukan agar bangsa ini menjadi bangsa yang kuat dan tangguh. Ini adalah salah satu bentuk perjuangan kita,” lanjutnya.

Usai upacara, Bupati melakukan penyerahan piagam penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada dr. Henny Indriyanti, M.Kes (Asisten Administrasi Umum Sekda Blora), Satyalancana Karya Satya 20 tahun kepada Dra. Indah Purwaningsih, M.Si (Kepala Dinsos P3A), dan Satyalancana Karya Satya 10 tahun kepada Muhammad Muniri, SH, (Kasi Pelatihan Tenaga Kerja Dinperinaker).

Dilanjutkan penyerahan tali asih kepada veteran, yakni Bapak Mulyono, dan ditutup dengan pemberian remisi warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Blora.

Pelaksanaan Upacara ini juga disiarkan langsung melalui channel YouTube Protokol dan Komunikasi Pimpinan Blora. Sehingga masing-masing OPD/Dinas bisa menyaksikan secara online dari kantornya masing-masing. (ADY/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »