PEMANFAATAN EMBUNG JURANGJERO

Bupati Blora Menebar Bibit Ikan Nila
Di Embung Desa Jurangjero
Blora,- Embung Guyangwarak di Dukuh Goloyo Desa Jurangjero Kecamatan Bogorejo yang baru selesai dibangun pada akhir 2015 lalu, kini mulai diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Blora. Mulai dalam hal pemanfaatan air untuk peningkatan hasil produksi pertanian, hingga pengembangan sektor perikanan.
Seperti saat pada hari Senin (3/10), Bupati Blora H. Djoko Nugroho didampingi Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Perikanan dan Peternakan (Dintanbunnakikan) Kabupaten Blora Ir. Reni Miharti M.Agr.Bus dan Camat Bogorejo Sarmidi menebar bibit ikan nila di embung tersebut.
Dalam acara ini, Bupati Blora menebar bibit ikan Nila sebanyak 10.000 ekor, selain itu juga memberikan bantuan kepada kelompok tani Desa Jurangjero berupa 615 kg bibit padi untuk 25 hektar lahan sawah, 675 kg bibit jagung untuk lahan seluar 45 hektar.
Bupati Blora H.Djoko Nugroho juga membuka sesi tanya jawab dengan warga Desa Jurangjero terkait peningkatan hasil pertanian, dengan harapan bisa menyerap langsung aspirasi masyarakat.
Kepala Desa Jurangjero Juwartik menginginkan agar pemerintah mengganti lahan pinggir embung yang nantinya bisa digunakan untuk pelebaran embung. “Kami berharap tanah longsor pinggir embung mohon dibeli pemerintah dan dibangun plengsengan agar tidak longsor,” harapnya.
Menanggapi hal tersebut, Bupati menginginkan permasalahan tanah ini dapat diselesaikan antara warga dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) ataupun Bappeda. Karena menurutnya, Kabupaten Blora memiliki potensi alam yang luar biasa yang dapat dikelola dan dimanfaatkan. Sehingga untuk mewujudkannya, perlulah regulasi yang mudah supaya hal tersebut dapat terealisasi. “Terkait masalah tanah pinggir bendungan nanti dikoordinasikan dengan DPU dan Bappeda,” jelasnya.

Bupati juga berpesan agar petani Jurangjero bisa meningkatkan hasil produksi dengan terus berkoordinasi dengan UPTD ataupun penyuluh setempat secara intensif. Tak hanya produk pertanian, produk buah-buahan juga perlu dicoba sebagai alternatif disamping tanaman yang sudah ada seperti jagung, kedelai dan padi. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »