KAPOLRES BLORA SABER PUNGLI DI JAJARANNYA

Kapolres bersama Kasatlantas Memeriksa Kotak Saran
Di Kantor Satlantas Blora
Blora,- Kapolres Blora Surisman, SIK melakukan inspeksi mendadak (sidak), dalam rangka memeriksa efektifitas larangan pungutan liar (pungli) di jajarannya. (27/10/2016) Lokasi yang didatangi adalah Kantor Samsat dan Kantor Satlantas Pembuatan SIM. Kapolres Saat berada di Kantor Samsat, yang didampingi Kasatlantas AKP Febriyani Aer, mendatangi loket uji fisik kendaraan bermotor dan loket pembayaran STNK. Sekaligus berbincang-bincang dengan pemohon perpanjangan STNK dan petugasnya. Demikian pula saat sidak di Kantor Satlantas, Kapolres mendatangi tempat ujian terori SIM dan menyaksikan praktek ujian SIM.
Dalam sidak tersebut, Kapolres Blora AKBP Surisman belum menemukan adanya pungutan liar yang dilakukan oleh oknum di jajarannya maupun para calo di kedua tempat pelayanan Samsat dan SIM. Dalam kesempatan itu, dia kembali menghimbau kepada pemohon BPKB, STNK maupun SIM, agar tidak bersedia ditarik biaya selain biaya untuk Pendapatan Negara Bupan Pajak (PNBP), karena untuk mengurus SIM, kata dia sudah ada biaya sesuai ketentuan.  “Sebagai contoh untuk pembuatan SIM C baru PNBP sejumlah Rp 110.000,- sedangkan pepanjangan PNBP sebesar Rp 75.000. Sementara itu, untuk SIM A baru PNBP Rp 120.000, sedangkan perpanjangan Rp 80.000,” tegas Kapolres.
Berdasar pada ketentuan itu, Kapolres menghimbau apabila masyarakat mengetahui ada pungutan liar ditempat pelayanan lainnya, diminta untuk segera menghubungi di nomor 0812138855060. “Telepon Saja kalau mengetahui ada pungli, tidak usah takut,” tegas Kapolres Blora. “Perlu diketahui, saat ini Polres Blora sudah membentuk tim khusus penanganan anggota yang kedapatan pungli,” tandas AKBP Surisman.

Dikemukanan, untuk anggota di jajarannya yang ketahuan pungli akan dikenakan sanksi kode etik. Sementara, kalau masyarakat umum akan diproses sesuai undang-undang yang berlaku. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »