Forkopimda Harapkan Umat Beragama Bisa Menjaga kerukunan, toleransi, dan kondusifitas di Blora


Pantau Pengamanan Ibadah Paskah,
Bupati dan Kapolres Blora Sampaikan
Pesan Kerukunan kepada jemaat gereja
di Blora. Minggu, 9 April 2023.

BLORA – Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, tidak membuat Bupati Blora membatasi kegiatannya di hari Minggu. Apalagi bertepatan dengan peringatan atau perayaan Hari Paskah bagi umat Kristiani. 

Bupati Blora bersama Kapolres Blora dan perwakilan Dandim, Kapten Subeno pun melaksanakan tinjauan pengamanan ibadah Hari Paskah ke beberapa Gereja di Kota Blora. Pihaknya memastikan seluruh kegiatan ibadah Hari Paskah berjalan lancar dan aman. Minggu,  (9/4/2023)

Lokasi pertama yang dituju adalah Gereja Kristen Jawa (GKJ) Blora yang berada di Jl. Kolonel Sunandar Kelurahan Mlangsen. Bupati dan rombongan disambut umat dengan hangat. Pihaknya bersama Kapolres pun menyampaikan beberapa pesan untuk terus menjaga keamanan dan kondusifitas Kabupaten Blora. 

Setelah dari GKJ, Bupati dan rombongan bergeser ke Gereja Katolik Santo Pius X Paroki Blora yang berada di Jl. Pemuda. Sesampainya di gereja, ratusan umat masih melangsungkan ibadah di dalam Gereja. Sehingga Bupati dan Kapolres hanya memantau dari luar didampingi pengurus gereja itu. 

Tampak puluhan anggota kepolisian dan tim gabungan melakukan pengamanan di lingkungan gereja tersebut. Pengamanan dilakukan sejak Jumat Agung lalu hingga hari ini bertepatan dengan Paskah. 

"Kami hadir bersama Kapolres, perwakilan Dandim dan jajaran lainnya untuk mengecek sekaligus memastikan pengamanan ibadah Paskah berjalan dengan baik. Selamat Paskah untuk seluruh umat Kristiani," ucap Bupati Blora. 

Dalam kesempatan ini, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si.,  menyampaikan pentingnya menjaga kerukunan, toleransi, dan kondusifitas di Kabupaten Blora agar program program pembangunan daerah bisa dijalankan dengan baik. 

Pantau Kegiatan Paskah

"Semoga semangat kerukunan, toleransi, guyub rukun bisa terus kita bangun untuk Blora yang aman dan kondusif. Dengan kerukunan, guyub rukun, saling toleransi, maka semuanya akan damai tenang. Sehingga program program pembangunan yang direncanakan bisa kita jalankan bersama dengan baik. Sesarengan mBangun Blora Berkelanjutan dalam bingkai NKRI," ucap Bupati Blora. 

Pada kesempatan itu, Kapolres Blora AKBP Fahrurozi, SIK, MM, MH ., menyampaikan bahwa berdasarkan pemantauan pada hari ini dan laporan kegiatan dari awal Jumat, Sabtu hingga Minggu ini. Pelaksanaan Rangkaian Ibadah Hari Paskah berjalan aman dan lancar. 

"Selamat Hari Paskah kepada seluruh umat Kristiani yang merayakan. Kami mengapresiasi kerukunan dan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Blora. Secara umum situasi di kabupaten Blora terpantau aman dan kondusif," kata Kapolres Blora.

Untuk diketahui, sejak Jumat, dan Sabtu hingga Minggu hari ini petugas gabungan di Kabupaten Blora yang terdiri dari anggota Polres Blora, Kodim, Satpol PP, dan lintas sektoral lainnya telah mengamankan rangkaian perayaan Hari Paskah. 

"Pelaksanaan perayaan Hari Paskah di Bulan Ramadan di Blora berjalan aman. Ini adalah sebagai bukti bahwa toleransi antar umat di Blora kuat," tandas Kapolres Blora.

Adapun pemantauan pelaksanaan ibadah Hari Paskah masih akan berlanjut pada sore hari nanti, karena beberapa gereja melaksanakan ibadah pada sore hari nanti. 

Sementara salah satu pengurus Gereja Kristen Jawa, Suhariyono,  mengucapkan  terimakasih sekaligus bangga atas kehadiran Bupati dan jajaran untuk menyapa umat yang sedang beribadah Paskah di gereja nya. 

"Maturnuwun Pak Bupati dan jajaran. Berkat kepemimpinan beliau, kami dapat beribadah dengan baik. Karena Pemerintah juga hadir untuk memberikan pengamanan. Blora adalah rumah seluruh umat beragama. Kami siap mendukung program program pemerintah. Sekali lagi maturnuwun atas hadirnya," ujar  Suhariyono. (Prokompim/ADY/Redaksi)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Rapat Paripurna Persetujuan Bersama Bupati Blora dengan DPRD Terhadap Rancangan Perda APBD 2024

BLORA —  Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora dalam rangka jawaban Bupati Blora atas pandangan ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »