Bupati Blora Imbau Para Jukir di Blora dan Jepon agar Ramah ke Pemudik Lebaran 2023


Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si.,
bincang - bincang dengan petugas Juru Parkir
pinggir jalan, imbau untuk bersikap
ramah kepada warga dan pemudik.
Foto : Prokompim Blora.

BLORA – Hal kecil namun penting juga, tak luput dari perhatian Bupati Blora, untuk menciptakan kenyamanan warga dan pemudik saat merayakan lebaran 2023 di wilayah Kabupaten Blora.
 
Salah satunya, Bupati Blora mengundang ratusan  petugas parkir tepi jalan yang  selama ini bekerja di wilayah Kecamatan Blora dan Kecamatan Jepon, di pendapa rumah dinas Bupati, pada Selasa 18 April 2023. Dikemas dengan acara Sosialisasi dan Pembinaan Petugas Juru  Parkir (Jukir)  Tepi Jalan Umum, di sela-sela membagi sembako kepada mereka.

Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si.,  menghimbau kepada ratusan petugas Juru  Parkir (Jukir)  pinggir jalan itu untuk bersikap ramah kepada warga dan pemudik saat lebaran idul Fitri 1444 H nanti. 
 
"Terima kasih kepada panjenengan yang sudah memberikan dedikasinya sehingga bisa membantu Pemkab Blora dalam rangka meningkatkan PAD. Tetap semangat dalam melayani masyarakat," ungkap Bupati Arief. 
 
Bupati Blora berpesan kepada para petugas Juru  Parkir (Jukir)  harus ramah dan murah senyum dalam melayani masyarakat yang hendak parkir terutama pemudik luar kota lebaran di Blora. Termasuk jelang lebaran saat ini, ini dimana sejumlah tempat akan ramai dikunjungi.

"Saya berpesan karena panjenengan setiap hari bertemu melayani masyarakat yang datang untuk parkir. Tolong dilayani dengan ramah, dengan senyum supaya jadi sedekah. Parkirnya diatur dengan rapi, semoga nanti bisa mendapat rezeki yang banyak," pesan Bupati Blora.
 
Keramahan petugas parkir ini penting, lanjut Bupati Blora, yakni  untuk memberikan kesan positif bagi masyarakat maupun para pemudik terhadap kota Blora.
 
"Saat ini musim mudik, saudara-saudara kita yang pulang ke Blora agar bisa nyaman disini, kita harus bisa menunjukkan bahwa para petugas parkir di Blora itu ramah-ramah," ucap Bupati Blora.
 
Bupati Blora minta kegiatan pengarahan kepada para petugas parkir dapat dilakukan kepada para petugas Juru  Parkir (Jukir)  yang ada di kecamatan-kecamatan lainnya, di kecamatan Cepu, Randublatung, Kunduran, Ngawen dan Todanan.
 
"Kami berharap nantinya selain kecamatan Blora dan Jepon, kecamatan Cepu dan lainnya kita kumpulkan dan penataan di kecamatan-kecamatan," kata Bupati Blora.

 
Meningkatkan PAD Blora
 
Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Perumahan, Permukiman, dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Kabupaten Blora, Drs. Pitoyo Trusingtyas Sarodjo, menargetkan pada tahun 2023 ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir bisa mengalami peningkatan.
 
Kepala Dinrumkimhub Blora berharap, di 2023 ini target perolehan PAD dari sektor retribusi parkir bisa mencapai Rp 1 Miliar, bahkan lebih. Target tersebut meningkat,  bila dibandingkan tahun 2022 dimana target perolehan dari retribusi Rp 550 juta.
 
"Untuk pengelolaan tahun 2023 Alhamdulillah kenaikannya signifikan. Pada bulan Januari 2023 untuk pemasukan retribusi tepi parkir di jalan umum sudah sekitar Rp 96 juta.  Kemudian bulan Februari sekitar Rp 95 juta dan bulan Maret mengalami kenaikan menjadi sebesar Rp 97 juta. Sehingga total 3 bulan ini sudah mencapai sekitar Rp 289 juta," ungkap Pitoyo Trusingtyas Sarodjo. 
 
Dengan capaian itu, lanjut Pitoyo Trusingtyas Sarodjo, diharapkan satu tahun nanti, yakni di tahun 2023 ini, untuk Pendapatan Asli Daerah khususnya retribusi parkir bisa minimal Rp 1 Miliar, bahkan bisa lebih. 

 
Dijelaskannya, bahwa untuk parkir tepi jalan umum di Blora sebelum tahun 2023 dilaksanakan dengan pihak ketiga, namun mulai tahun 2023 ini berbeda.
 
Disampaikan  pula oleh  Pitoyo Trusingtyas Sarodjo, saat ini setidaknya ada 370  petugas parkir  yang ada di Kabupaten Blora dan tersebar di  16 kecamatan. 

"Kita akan melaksanakan dengan cara penunjukan kepada para petugas parkir sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Blora dalam rangka melaksanakan pemungutan retribusi parkir di tepi jalan," ujar Pitoyo Trusingtyas Sarodjo
 
"Untuk itu diharapkan, tumbuhnya kesadaran para petugas juru parkir untuk bersama-sama mensukseskan program ini, dengan menyetorkan hasil retribusi kepada petugas yang telah ditunjuk," imbuh Pitoyo Trusingtyas Sarodjo.  (Prokompim/Redaksi) 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »