Pemkab Blora Minta BBWS Pemali Juana, Normalisasi Embung Jurangjero Antisipasi Banjir Bandang Terulang Lagi


Sedimentasinya cukup tinggi, saat hujan deras.
Keberadaan embung Jurangjero di Desa Sidomulyo,
Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora.
Foto : Prokompim Blora

BLORA – Kerap meluap dan menimbulkan banjir, karena sedimentasinya cukup tinggi, saat hujan deras. Keberadaan embung Jurangjero di Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora. 

Sedimentation is the deposition of sediments. It takes place when particles in suspension settle out of the fluid in which they are entrained and come to rest against a barrier. Quoted from Wikipedia.

Bupati Blora, H. Arief Rohman, SIP, MSi akan mengambil langkah untuk mengatasi persoalan tersebut. Yakni, akan mengkomunikasikan dengan Kepala BBWS Pemali Juana, Adek Rizaldi. Dinas terkait untuk bisa normalisasi Embung Jurangjero. Bupati Blora  bersama Kepala Desa Sidomulyo, Suyatman, sempatkan meninjau embung Jurangjero, Minggu sore (2/4/2023). Hal itu dilakukan usai banjir bandang yang melanda Dukuh Jurangjero pada Sabtu 1 April 2023  lalu.

"Setelah kita lihat bersama Pak Kades, ternyata di Embung Jurangrero ini memang banyak sedimentasi   (pengendapan-red), banyak tanaman ganggangnya juga. Sehingga Pak Kades mengusulkan agar ada normalisasi dan diperluas. Harapannya daya tampung bisa lebih maksimal, mengurangi potensi banjir dan memaksimalkan manfaat bendungan atau embung untuk irigasi pertanian," ucap Bupati Blora saat meninjau embung Jurangjero. 

Dikemukakan, karena ini merupakan aset yang dikelola Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, dibawah Ditjen SDA Kementerian PUPR, maka Bupati Blora pun akan berkomunikasi dengan Kepala BBWS Pemali Juana. 

"Akan kita komunikasikan dengan Kepala BBWS Pemali Juana, Pak Adek Rizaldi. Dinas terkait, DPUPR akan kita minta menyiapkan usulan teknisnya. Semoga nanti ada solusi bersama untuk Sesarengan mBangun Blora," tandas Bupati Blora.

Sementara itu, Kades Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo  Suyatman  mengatakan, bahwa ketika hujan lebat banyak ladang garapan masyarakat di sekitar embung Jurangjero juga ikut terendam air. 

"Kalau bisa dibebaskan sekalian untuk perluasan embung, dinormalisasi, agar daya tampungnya bisa lebih maksimal. Jika diperluas embung nya, bisa mengurangi potensi banjir. Embung ini sudah lama, bertahun-tahun tidak ada pengerukan. Hanya ada petugas jaga yang bertugas merawat mesin dan buka tutup pintu air," ungkap Kades Sidomulyo.

Menurut Kades Suyatman, normalisasi sangat dibutuhkan, dan mengecek kondisi anak sungai yang alirannya masuk ke embung Jurangjero. Karena akibat luapan embung, sudah ada dua kali banjir yang terjadi. Pihaknya berterimakasih kepada Bupati Blora yang telah bersedia ikut blusukan ke Embung Jurangjero dan mendorong normalisasi ke BBWS Pemali Juana. 

"Terimakasih Pak Bupati atas kedatangannya untuk melihat langsung Embung Jurangjero. Semoga dengan akses yang beliau miliki ke BBWS Pemali Juana bisa memberikan manfaat bagi kami yang ada di Desa Sidomulyo," ujar Kades Suyatman. (Prokompim/ADY/Redaksi) 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »