2 Rumah Roboh diterjang Banjir Bandang, PMI dan Baznas Blora Serahkan Bantuan Uang Tunai dan 40 Paket Sembako di Jurangjero Banjarejo


Ketua PMI Blora Ir. Sutikno Slamet menyerahkan
bantuan kemanusiaan untuk 2 korban Rumah Roboh
diterjang Banjir Bandang, di Jurangjero Banjarejo.
Foto: Prokompim Blora.
 
BLORA – Untuk meringankan beban dua warga Dukuh Jurangjero, Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo yang rumahnya roboh disapu banjir bandang, Sabtu sore, 1 April 2023,  Bupati Blora, meluangkan waktunya untuk menjenguk dan memberikan bantuan.

Kepala Desa Sidomulyo, Suyatman, saat dihubungi Minggu (2/4/2023) membenarkan bahwa hujan deras yang turun kemarin siang hingga sore mengakibatkan banjir bandang di Dukuh Jurangjero dan membuat dua rumah warga roboh karena diterjang banjir.
 
"Ada dua rumah yang roboh diterjang banjir. Yakni rumah Warsi (60) dan rumah Yarini (50). Keduanya berada di wilayah RT 01, RW 06, Dukuh Jurangjero. Kemarin hujan turun memang sangat deras mulai jam dua siang hingga sore," ungkap Kepala Desa Sidomulyo.
 
Gerak cepat bersama BPBD, Baznas, Dinas Sosial P3A, dan PMI, Minggu  2 April 2023, Bupati Blora datang ke Desa Sidomulyo, untuk menjenguk dua warga setempat yang rumahnya roboh disapu banjir bandang. Yakni, masing-masing  Warsi (60th) dan Yarini (50th).
 
Kepada Warsi dan Yarini, Bupati menyerahkan bantuan dari Baznas Kabupaten Blora, masing-masing senilai Rp 5juta. Selain itu juga memberikan  sejumlah peralatan rumah tangga dan paket sembako dari Dinsos P3A, PMI, dan BPBD Kabupaten Blora.
 
"Kami turut prihatin atas musibah banjir yang kemarin sore terjadi di Dukuh Jurangjero, Sidomulyo ini. Semoga bantuan zakat dari ASN yang terkumpul di Baznas ini bisa meringankan beban para korban banjir, sehingga dapat digunakan untuk membantu pendirian rumahnya kembali. Tolong nanti bisa dibantu gotong royong. TNI Polri, Pak Kades bisa membantu," ucap Bupati Blora.
 
Diketahui bersama, bahwa hujan lebat yang turun selama beberapa jam pada  Sabtu sore, 1 April 2023,  mengakibatkan banjir bandang di Dukuh Jurangjero, Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo. Air kiriman dari wilayah hulu kawasan hutan ini mengalir dengan derasnya ke perkampungan sehingga mengakibatkan dua rumah roboh.

Waspada Bencana

Saat ini banjir memang telah surut. Namun Bupati Blora meminta agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan selalu. Pasalnya saat ini cuaca sedang tidak pasti dan curah hujan diprediksi masih tinggi.
 
"Selain curah hujan yang tinggi, kami minta BPBD dan dinas terkait untuk mengidentifikasi kondisi wilayah hulu sungai. Apakah lahannya gundul atau seperti apa. Nanti bisa dikoordinasikan dengan Perhutani juga agar bisa dilakukan reboisasi atau apa, bersama masyarakat," imbuh Bupati Blora.
 
Bupati Blora  membenarkan, bahwa Sabtu sore ada beberapa titik lokasi banjir akibat hujan deras. Selain Sidomulyo, juga di Ngliron Randublatung, Kedungtuban, dan Cepu. Namun tidak ada korban jiwa.  Dan kini banjir telah surut.
 
"Selebihnya aman, tidak ada rumah roboh. Hanya di Sidomulyo ini ada rumahnya yang roboh. Kami minta BPBD terus memantau dan siaga 24 jam," tandas Bupati Blora.
 
Pada kesempatan itu, pemilik rumah roboh diterjang Banjir di Jurangjero, Banjarejo,  Warsi, didampingi Yarini, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Blora dan jajaran yang telah hadir langsung untuk menyerahkan bantuan kepada dirinya.
 
"Maturnuwun sanget Pak Bupati, dan jajarannya sedayane mawon. Maturnuwun sudah dibantu, semoga rumah kami bisa diperbaiki lagi. Saya rasanya sedih, mau lebaran malah rumahnya kena banjir," ujar Warsi dan Yarini.
 
Saat ini Warsi bersama Yarini menumpang di rumah tetangga dan saudaranya. Sambil menunggu perbaikan rumahnya.
 
Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Blora, H Sutaat,S.Pd, menjelaskan, bahwa  selain memberikan bantuan Rp 10juta untuk dua KK yang rumahnya rusak, Juga menyerahkan 40 paket sembako senilai Rp 6juta untuk warga lainnya yang terdampak banjir di Jurangjero Banjarejo.

"40 paket sembako untuk warga lainnya yang terdampak banjir," ucap H Sutaat. (Prokompim/ADY/Redaksi)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »