Rapat Paripurna DPRD Blora Pengumuman Hasil Penetapan Pasangan Bupati Dan Wakil Bupati


BLORA - Ketua DPRD Blora, H. M. Dasum bersama Wakil Ketua Mustofa dan Sakijan serta anggota DPRD Blora menggelar rapat paripurna Internal Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora dengan agenda Pengumuman hasil penetapan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Blora terpilih hasil Pilkada serentak Tahun 2020, bertempat di ruang Sidang DPRD Blora, Jumat (22/01/2021).


HM. Dasum mengatakan, Tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora telah dilaksanakan KPU Blora yang berdasarkan ketentuan Pasal 79 ayat 1) Undang-Undang Nomor

23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.


"Diatur bahwa, pemberhentian kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah yang berakhir masa jabatannya, diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam

rapat paripurna, dan diusulkan oleh Pimpinan DPRD kepada Menteri Dalam Negeri melalui gubernur untuk mendapatkan penetapan pemberhentiannya," ucap Ketua DPRD Blora.


Selanjutnya, masih kata Dasum sesuai ketentuan Pasal 160 dan 160 A) Undang- Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang- Undang.


"Ditegaskan bahwa  Pengesahan pengangkatan pasangan

calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, dilakukan berdasarkan penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU Kabupaten yang disampaikan oleh DPRD Kabupaten kepada Menteri Dalam Negeri

melalui Gubernur,” tandas M. Dasum.


Untuk diketahui, Kamis 21 Januari 2021 lalu KPU Blora telah menggelar Rapat Pleno Terbuka menetapkan menetapkan pasangan Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati (Ar-Tys) sebagai pemenang Pilkada 2020 yang dipimpin oleh Ketua KPU Blora, M. Khamdun.


"Kami ucapkan terima kasih kepada KPU Blora yang bekerja suka dan duka dalam melaksanakan Pilkada dan telah menyelesaikan seluruh tahapan, sehingga bisa digelar pengumuman hasil pemilihan yang ditetapkan oleh KPU Blora,"  ucap Dasum.


Penghargaan yang setingi-tingginya, 

Sambung Dasum juga disampaikan kepada jajaran keamanan, sehingga proses Pilkada di Kabupaten Blora bisa berjalan tertib, aman dan lancar tanpa ada gangguan yang dapat meresahkan masyarakat.


"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Blora dan jajaran yang telah memantau dan memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada 2020 dapat berjalan dengan baik. Mari kita ciptakan politik yang santun dan bermartabat kepada masyarakat. Hindari konflik antara Parpol maupun konflik internal," ungkap Dasum, politisi PDI Perjuangan.


Harapan Dasum kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih, agar dapat merealisasikan janji-janji politik yang pernah diucapkan agar kesejahteraan masyarakat Kabupaten Blora dapat segera terwujud. (ADY/Red)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »