Merawat Mobil Anda Jarang Dipakai Agar Tidak Rusak

INDONESIA - Memiliki kendaraan pribadi, tentu menjadi impian bagi sebagian orang. Tetapi, tak jarang dari para pemilik kendaraan yang sering juga meninggalkan mobilnya dalam kondisi yang lama. Meski jarang digunakan, tentu saja mobil harus tetap dirawat agar terhindar dari berbagai macam masalah.

Lalu, bagaimana cara merawat mobil yang jarang dipakai agar kondisi mesinnya selalu terjaga? Yuk, simak terlebih dahulu ulasan berikut ini!

1. Selalu Bersihkan Kondisi Mobil Secara Rutin

Tips merawat mobil yang pertama adalah selalu rutin membersihkannya. Meskipun jarang dipakai, Anda harus tetap mencuci mobil, selain itu bersihkan juga bagian eksterior agar kondisi cat tetap bagus. Tak hanya eksterior, interior mobil pun harus dirawat juga, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner agar debu dan kotoran yang menempel tidak membekas. 

2. Periksa Oli Mesin

Jika Anda ingin meninggalkan mobil dalam kurun waktu yang cukup lama, pastikan kembali kondisi oli mesin sudah berada pada volume yang cukup agar tidak ada sisa ruang yang bisa menyebabkan embun yang mengakibatkan kerusakan pada mesin. Tetapi, sebaiknya Anda menguras dan mengganti oli mobil dengan yang baru sebelum meninggalkannya.

3. Panaskan Mesin Setiap Hari

Meskipun mobil jarang dipakai, tetapi harus selalu dipanaskan mesinnya setiap hari, ya. Cara merawat mobil yang jarang dipakai ini merupakan hal yang paling umum dan harus dilakukan. Hal ini perlu dilakukan agar mengurangi risiko komponen mesin yang rusak dan membuatnya selalu terlumasi serta mencegah korosi pada kendaraan Anda.

4. Selalu Periksa Tekanan Ban

Mobil yang ditinggal dalam waktu lama tentu akan kekurangan tekanan angin yang banyak juga. Oleh sebab itu, Anda harus selalu memeriksa tekanan ban. Apabila kondisi ban kempes dan dibiarkan dalam waktu yang lama, tentu akan berdampak juga pada kerusakan pelek.

5. Isi Bahan Bakar Sampai Penuh

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yakni mengisi bahan bakar sampai penuh sebelum ditinggalkan dalam waktu yang lama. Sama seperti oli mesin, Anda tidak boleh membiarkan tangki bahan bakar memiliki ruang kosong yang bisa mengakibatkan embun. Nantinya, malah akan menurunkan kualitas bahan bakar dan merusak tangki mesin. 

Nah, itulah cara merawat mobil yang jarang dipakai. Untuk tetap menjaga kondisi kendaraan Anda, pastikan Anda juga memilih bahan bakar mesin yang pas sesuai dengan porsinya. 

Cek juga info lebih lanjut untuk mencari SPBU terdekat. Semoga Bermanfaat.
Source: mypertamina.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »