Rancangan Awal RKPD Blora 2022 Dapat Masukan Dari Masyarakat

BLORA – Berpusat di Pendopo Rumah Dinas Bupati dan diikuti secara virtual oleh sebagian OPD di Ruang Rapat Bappeda Blora, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora mengadakan konsultasi publik sebagai bagian penyempurnaan penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022.  Kamis (28/01/2021) 

Bupati Blora H. Djoko Nugroho bersama Bupati dan Wakil Bupati Terpilih serta jajaran Forkopimda, sebagian Kepala OPD, Camat serta tokoh masyarakat mengikuti kegiatan tersebut tetap  menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

Dalam laporannya, Plt. Kepala Bappeda, Free Bayu Alamanda, AP, M.Si melaporkan bahwa kegiatan konsultasi publik ini merupakan penyempurnaan awal RKPD Kabupaten Blora Tahun 2022.

“Tahun perencanaan telah kami awali dengan musrenbang desa / musrenbang kelurahan tahun 2020 dan telah selesai. Yang kemudian dilanjutkan dengan penyusunan awal renja, dan RKPD sampai Januari 2021,” kata Bayu

Tujuan diadakannya konsultasi publik ini untuk membahas bersama rancangan awal RKPD 2022.

“Kegiatan ini kami selenggarakan untuk memperoleh saran, masukan dalam rangka penyempurnaan dalam penyusunan RKPD tahun 2022,” jelas Plt. Kepala Bappeda

Dalam laporannya, disampaikan pula arah kebijakan pembangunan tahun 2022 berdasarkan RPJPD Tahun 2005-2025 yaitu sebagai berikut :

a. Mewujudkan SDM berkualitas
b. Mewujudkan Ekonomi masyarakat
c. Mewujudkan pemenuhan kuantitas dan kualitas sarana prasarana
d. Mewujudkan tata pemerintahan yang demokratis
e. Mewujudkan kondisi sosial politik yang tentram, tertib dan aman.

Sementara itu, Wakil Bupati Blora dalam hal ini sekaligus Bupati terpilih Pilkada Blora 2020 H. Arief Rohman, M.Si menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Djoko Nugroho yang telah meletakkan landasan pembangunan Kabupaten Blora. 

“Terima kasih Pak Kokok yang telah memberikan landasan dalam pembangunan Kabupaten Blora dan mohon berkenan tetap memberikan arahannya kepada kami untuk membangun Kabupaten Blora tercinta ini,” ucap  Arief Rohman.

Wakil Bupati Blora  menyampaikan bahwa target pembangunan untuk tahun 2022 mendapat dukungan sumber pembiayaan dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN, serta sumber pembiayaan lain.

“Harapan kami tahun 2022 anggaran pembangunan jalan yang mencapai 300 M dapat didukung dari pembiayaan APBD Kabupaten, Provinsi, APBN dan mungkin dari sumber pembiayaan lainnya,” lanjut Arief Rohman.

Bupati Terpilih Pilkada Blora 2020 itu  menyampaikan beberapa agenda pembangunan untuk tahun 2022 yang diprioritaskan.

“Untuk tahun 2022, kami memprioritaskan pembangunan Embung Gerak Karangnongko, kami mohon dukungan dari seluruh jajaran Forkopimda dan stakeholder di wilayah Kabupaten Blora untuk mensukseskan program pemerintah pusat dikarenakan untuk pembangunan tersebut dibutuhkan lahan dengan memindahkan rumah penduduk,” tandasnya.

Agenda pembangunan selanjutnya adalah upaya untuk pembangunan akses jalan Randublatung-Getas.

“Prioritas selanjutnya adalah pembangunan akses jalan Randublatung – Getas tembus Ngawi yang saat ini sudah masuk dalam Perpres,” tendas H. Arief Rohman.

Tak hanya itu, dalam paparannya, Arief Rohman menaruh perhatian serius terhadap upaya menurunkan angka kemiskinan di Blora yang kini naik menjadi 11,96%. Kemudian angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) yang kini berada di angka 4,89%. Selain itu, kondisi jalan Mantap di tahun 2020 yang kini berada di angka 63,71.

Bupati terpilih juga memaparkan terkait produktivitas hasil pertanian dan perternakan kedepannya, mulai dari upaya peningkatan produksi hingga ketersediaan pupuk.

“Terkait dengan persoalan pupuk akan dikoordinasikan dengan stakeholder untuk dibantu ketersediaan pupuk dan upaya peningkatan produksi pangan khususnya produksi padi dan jagung. Pemkab juga sedang bersinergi dengan Perguruan tinggi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas peternakan sapi,” lanjutnya.

Mengusung tema RKPD pada tahun 2022 adalah pemulihan ekonomi melalui peningkatan kualitas infrastruktur yang mendukung pelayanan dasar. 

Dalam kegiatan tersebut Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, Sekda, Ketua DPRD yang diwakili wakil ketua Musthofa, S.PdI, serta dimoderatori oleh Imam Ali Bashori, S.H.I., M.Si, menerima berbagai masukan untuk pembangunan 2022 dari beberapa elemen masyarakat sebagai berikut.

Sesi pertama

1. LSM, Singgih Hartono memberi masukan terkait dengan kerjasama pemenuhan kebutuhan, peningkatan harga sapi, dan meningkatkan pendapatan dari sektor pertanian. Serta ketegasan dalam ketersediaan pupuk di Blora.
2. LSM, Yayun, memberikan masukan terkait perihal pembangunan jalan, penerangan jalan dan pamsimas yang merata.
3. Jalmo, memberikan masukan terkait produk hukum di tingkat desa.

Sesi kedua menerima masukan dari peserta yang mengikuti kegiatan dari Aula Bappeda Kabupaten Blora.

1. KNPI, Syaifudin, memberikan masukan terkait dengan upaya untuk pemulihan ekonomi dengan usulan pelatihan wirausaha muda di tiap kecamatan dan mendirikan koperasi pemuda.
2. IPNU, Zainal Arifin, menanyakan solusi untuk pembelajaran daring agar efektif dan tidak membosankan.
3. STTR Cepu, Alya Madi, memberikan pertanyaan bagaimana meningkatkan SDM di Blora dengan menggandeng perguruan tinggi swasta yang ada di Blora.

Sesi ketiga menerima masukan dari berbagai elemen masyarakat sebagai berikut:

1. DBM, Sriyono, memberikan masukan terkait Perbup untuk difabel dan balai pelatihan untuk difabel.
2. Penggerak PKK, Sri Rahayu Bondan Sukarno, memberikan masukan terkait forum Musrenbang khusus untuk mendengarkan aspirasi perempuan dan anak.
3. PC PMII Blora, memberi masukan terkait memaksimalkan PAD.

Pada kesempatan itu, Bupati Djoko Nugroho menitipkan pesan kepada penerusnya untuk memprioritaskan pembangunan wilayah Kabupaten Blora Selatan.

“Pak Arief..bu Etik..saya titip untuk pembangunan jalan Randublatung - Getas apabila tembus Ngawi bisa membuka akses bagi masyarakat kita di Blora Selatan. Dan satu lagi untuk antisipasi pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan berakhirnya, artinya keuangan Negara dan Pemkab tergantung sampai kapan pandemi ini,” pesan Djoko Nugroho.

Bagi masyarakat yang hendak memberikan masukan dan saran dalam rangka penyusunan RKPD 2022, Pemkab Blora memfasilitasi dengan adanya form secara daring di laman bit.ly/MasyarakatUsulRKPD2022

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara penyampaian masukan dari masyarakat yang diwakili oleh Kepala Dinas PMD dan Tokoh masyarakat, diketahui oleh Bupati Djoko Nugroho serta Bupati Terpilih H. Arief Rohman, M.Si. (JW/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Sejumlah Titik di Ruas Jalan Jepon-Bogorejo Blora Mulai Dibangun

  𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Sejumlah titik (enam titik) di ruas jalan Jepon-Karang-Bogorejo, yang merupakan jalan alternatif menuju wilayah J...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »