Hasil Panen Dalam Kawasan Hutan Dukung Ketersediaan Pangan Kabupaten Rembang


MANTINGAN - Hasil Panen Dalam Kawasan Hutan Perhutani dukung ketersediaan Pangan dikabupaten Rembang. Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan  bersama lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH)  di wilayah hutan Mantingan mendukung upaya Pemkab Rembang  dengan penanaman padi dan palawija di hutan pangkuan LMDH demi terwujudnya masyarakat Rembang yang sejahtera.

Administratur KPH Mantingan  Widodo Budi Santoso disela –sela rapat kerja dengan Dinas Perencanaan Hutan Wilayah IV Rembang Senin lalu (01/03/2021) menyampaikan bahwa kawasan hutan KPH Mantingan tahun 2019 luas tanam 172,27 hektar hasil padi 344,54 ton diuangkan mencapai hasil 1.791.608.000,- milyard rupiah, sedangkan untuk yang masuk kabupaten Blora mencapai 33.61 hektar realisasi produksinya 67.22 ton diuangkan mencapai 349.544.000,- juta rupiah.

"Hasil keseluruhan untuk  luas tanamnya 205,88 hektar dan hasil produksi mencapai 411,76 ton . dengan jumlah uang mencapai 2.141.152.000,- milyard rupiah. untuk tahun 2020 kami dalam proses pendataan," Jelas Widodo Budi Santoso.

Ketua Paguyuban LMDH KPH Mantingan Parlan membenarkan saat dihubungi lewat Telpon, bahwa untuk mendukung ketersediaan pangan dikabupaten Rembang petani yang tergabung di LMDH KPH Mantingan banyak menanam padi dan palawija lainya.

"Kami sebagai mitra perhutani dalam penggarapan lahan dibawah tegakan bulan maret ini sudah memasuki masa Panen. sedangkan curah hujan di kabupaten Rembang cukup tinggi. Para penggarap saat ini sudah banyak memasuki panen padi. dibeberapa petak di BKPH Kebon dan Kalinanas sudah memanen padinya,” tutur Parlan .

Parlan juga membeberkan dengan adanya kartu tani yang sudah dibagikan kepada anggota Kelompok tani yang tergabung dalam LMDH akan mendapatkan pembinaan dari para penyuluh lapangan dari Dinas Pertanian. hal ini berkat koordinasi yang dilakukan oleh Perhutani dengan Dinas Pertanian tanaman pangan Kabupaten Rembang.

"Kemitraan dengan Perhutani, LMDH dan Penyuluh lebih dintensipkan lagi guna menopang hasil prodak pertanian di lahan kawasan hutan,” pungkasnya.(Kom-PHT/Mnt/Sgt).

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Sejumlah Titik di Ruas Jalan Jepon-Bogorejo Blora Mulai Dibangun

  𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Sejumlah titik (enam titik) di ruas jalan Jepon-Karang-Bogorejo, yang merupakan jalan alternatif menuju wilayah J...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »