Puluhan Warga Terpapar Covid-19, Desa Balongsari di Blora Lockdown

BLORA - Aparat  gabungan terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan instansi terkait lainya, di kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Jawa Tengah intensif melaksanakan patroli imbauan Protokol Kesehatan (Prokes). Selasa malam lalu,  (08/06/2021) 

Kegiatan petugas gabungan dalam antisipasi penyebaran Covid-19 dilakukan secara masif. Itu dikarenakan munculnya lonjakan kasus Covid-19 diwilayah desa Balongsari yang terjadi dari kluster hajatan.

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK melalui Kapolsek Banjarejo Iptu Sumaryono, SH,MH mengungkapkan bahwa kegiatan sinergitas lintas sektoral lebih ditingkatkan dengan tujuan utama untuk memutus mata rantai Covid-19 diwilayah Banjarejo. Bahkan di desa Balongsari dilakukan Mikro lockdown tingkat Desa.

"Kita tidak mau underestimate kegiatan pencegahan terus kita lakukan secara masif diantaranya penyemprotan disinfektan, operasi yustisi serta patroli woro woro protokol kesehatan. Semoga kasus Covid-19 bisa segera turun," jelas  Kapolsek Banjarejo.

Untuk diketahui, berawal adanya hajatan manten di Desa Balongsari, Kecamatan Banjarejo, Blora, sedikitnya ada 90 warga desa harus jalani swab test.

Kejadiannya berawal ketika ada  hajatan mantenan di rumah salah seorang warga Desa Balongsari. Setelah kegiatan hajatan selesai, banyak warga sekitar yang sakit dengan gejala pilek dan panas.
Salah seorang warga yang sakit periksa di Puskesmas Banjarejo, dan ketika di swab antigen hasilnya positif. Selanjutnya tracing dilakukan kepada sejumlah orang yang kontak erat di acara hajatan mantenan tersebut. Sedikitnya sudah ada 90 warga yang di swab. Hasilnya 35 orang positif Covid-19.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes Blora Edy Widayat menjelaskan, adanya kluster hajatan di Desa Balongsari pihaknya, bersama TNI dan Polri BPBD Satpol PP  Blora dan pihak terkait lainnya, telah melakukan tindakan antisipasi, yakni terjun ke lapangan imbauan protokol kesehatan dan melakukan penyemprotan disinfektan di tempat/fasilitas umum, tempat ibadah, sekolah dan rumah - rumah warga.

"Penyemprotan disinfektan terus dilakukan secara rutin, dan imbauan agar warga  mengikuti protokol kesehatan," jelasnya  (ADY/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »