Mikro ‘Lock Down’ Satu RT di Sambong Blora; 45 Warga Terpapar Covid-19

BLORA (SUARABARU.ID) - Petugas gabungan yang terdiri dari anggota Polsek Sambong Polres Blora Polda Jawa Tengah bersama anggota Koramil Kodim 0721/Blora dan Satpol PP serta instansi terkait lainnya meningkatkan kegiatan pencegahan Covid-19 di desa Sambong, Kamis, (17/06/2021).

Lantaran ada 45 warganya terpapar covid-19, satu RT di Desa Sambong, Kecamatan Sambong, Blora dilakukan micro lockdown. Belum diketahui pasti dari kluster mana sumber terpaparnya 45 warga tersebut.

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK melalui Kapolsek Sambong Iptu Rustam, SH menyampaikan bahwa saat ini lokasi satu RT di desa Sambong dilakukan penjagaan oleh petugas gabungan. Bahkan pada lokasi tersebut terus digencarkan upaya pencegahan penularan Covid-19. Seperti penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan patroli woro woro imbauan protokol kesehatan.

"Polsek Sambong bersama Koramil akan mendukung penuh, segala upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dengan mikro lock down ini diharapkan dapat memutus mata rantai penularan Covid-19, terutama diwilayah Sambong," ungkap  Kapolsek Sambong.

Sementara itu, Plt. Kepala Puskesmas Sambong, Eny Purwaningsih ketika dikonfirmasi mengatakan 45 warga di Sambong yang terdeteksi covid terlokalisir dalam 1 RT.

‘’Untuk menekan penyebarannya telah dilakukan micro lockdown di 1 RT tersebut,’’ jelas Eny.

Dikemukakan, dalam rangka lockdown itu, semuanya telah dipersiapkan, mulai  obat – obatan, pengawasan kesehatan dan pengawasan ketat sudah dilakukan. Demikian juga untuk logistik juga sudah disalurkan ke masyarakat setempat.

Terpisah Plt Kepala Dinkes Blora, Edy Widayat ketika dikonfirmasi membenarkan adanya puluhan warga di satu RT di Sambong yang terkena covid.

‘’Memang benar, kalau jumlah persisnya tanyakan langsung ke staf,’’ jelasnya.

Menyusul kasus Covid-19 di Blora masih menunjukan tren naik,  Edy mengimbau kepada warga untuk tetap terus disiplin protokol kesehatan, imbuhnya.

Evakuasi Warga Positif Covid-19 

Aparat gabungan yang terdiri dari anggota Polsek Sambong Polres Blora Polda Jawa Tengah, anggota Koramil Sambong, Satpol PP, dan Satgas Covid-19 Sambong melakukan evakuasi 6 warga yang terpapar Covid-19.

Keenam warga tersebut dievakuasi menuju lokasi isolasi terpusat yang ada di Hotel Mega Bintang Kecamatan Cepu. Untuk diketahui dalam upaya percepatan penanganan Covid-19, pemerintah Kabupaten Blora telah menyiapkan lokasi isolasi terpusat tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan. Dengan tujuan utama untuk menekan penularan Covid-19.

Kapolsek Sambong Iptu Rustam,SH mengungkapkan bahwa ke enam pasien Covid-19 tersebut berasal dari desa Ledok dan desa Brabowan. 

"Evakuasi kita jaga dan kita kawal, ada 4 warga desa Ledok dan 2 warga desa Brabowan yang kita pindahkan ke ruang isolasi terpusat di Hotel Mega Bintang Cepu," ucap Kapolsek Sambong.

"Memang tidak mudah melakukan evakuasi terhadap pasien Covid-19 menuju lokasi isolasi terpusat, butuh kesabaran untuk memberikan pengertian kepada warga. Alhamdulilah dengan kerja sama yang baik, ke enam warga berhasil kita evakuasi. Semoga segera diberikan kesehatan," tandas Kapolsek Sambong. (ADY/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »