Alsin Sederhana Tepat Guna Untuk Petani Jagung


INDONESIA - Pada kondisi dimana petani berada pada tingkat yang rendah dalam hal kesejahteraan, akses terhadap sumber daya, kesadaran kritis, partisipasi dan posisi tawar; maka masukan teknologi mekanisasi pertanian mempunyai peran yang strategis.  (10/02/2017)

Teknologi mekanisasi pertanian merupakan salah satu alternatif untuk mencapai peningkatan produktifitas dan efisiensi pada proses produksi pertanian tanaman pangan dan pengolahan hasil agar segera dapat memenuhi kebutuhan petani dengan kualitas yang baik dan berdaya jual tinggi. 

Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) telah melakukan kegiatan Perekayasaan dan Pengembangan Alat dan Mesin Pertanian Sederhana dan Tepat Guna dalam rangka memenuhi kebutuhan petani tersebut, yaitu Alat Penanam Benih Jagung Tipe Tugal.

Alat Penanam Benih Tipe Tugal ini dirancang dan direkayasa khusus oleh BBP Mektan untuk daerah-daerah lereng dan berbukit, alat ini sangat ringan dengan bobot hanya 2,6 kg, tipe manual dengan dimensi 1,35 M dan matering benih roll type yang berkapasitas kerja mencapai 70 jam/ha.


Fungsi dan keunggulan alat ini adalah menanam benih jagung tipe tugal, mudah dalam pengoperasian, mobilitas sangat tinggi dan dapat bekerja pada berbagai kondis tanah. Sistem penyiapan lahan, baik sistem olah tanah sempurna (OTS) maupun sistem tanpa olah tanah (TOT), juga tidak terlalu berpengaruh terhadap alat tanam tipe tugal ini. (Balitbang/Kementan/wir)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »