Bawaslu Sosialisasi Pengawasan Pilkada Blora Dengan Pentas Seni Barong

Pagelaran Seni Barongan
Di Halaman Kantor Bawaslu
BLORA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blora, Jawa Tengah mengawali genderang tahapan Pilkada Blora dengan menggelar sosialisasi pengawasan berbasis budaya, kegiatan sosialisasi pengawasan Pilkada Blora 2020 dengan pagelaran seni Barong pada Sabtu malam Minggu  (23/11/2019) di halaman kantor Bawaslu setempat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blora, Lulus Maryona menjelaskan bahwa
seni barong yang merupakan icon kota Blora ini, digunakannya sebagai sarana sosialisasi pengawasan berbasis budaya oleh Bawaslu di halaman sekretariat Bawaslu Jl. RA. Kartini No.12 Blora.

"Warga tampak antusias memenuhi halaman sekretariat Bawaslu, mereka berbondong bondong menyaksikan kelincahan  pemain barong, sebuah kesenian rakyat asli Blora yang sangat di sukai seluruh lapisan masyarakat," ucap Lulus.

Lanjutnya, Bawaslu sengaja memilih seni barong atau lebih dikenal dengan barongan Blora, karena Bawaslu juga ingin memasyarakat kesenian tersebut, sekaligus dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pengawasan terhadap jalannya Pilkada 2020 di Kabupaten Blora nanti, merupakan tugas bersama seluruh warga Kabupaten Blora, untuk ikut berperan aktif mengawasi jalannya Pilkada Blora.

"Tahapan pilkada 2020 di Kabupaten sudah di mulai, Ini  sebagai tanda di mulainya tahapan tersebut, istilah lain gong pilkada sudah dipukul sejak hari ini," jelas Ketua Bawaslu Kabupaten Blora.

Ia menjelaskan dengan dimulainya tahapan pilkada ini, diawali juga tugas pengawasan dari Bawaslu terhadap tahapan demi tahapan Pilkada 2020 di Kabupaten Blora.

Katanya, melalui sosialisasi ini ia ingin masyarakat tahu dan mempersiapkan diri sebagai pemilih yang cerdas. Bagi warga yang sudah mempunyai hak pilih jangan mudah percaya dengan isue yang bisa menyesatkan, isue hoaks terlebih isue sara. Agar masyarakat bisa memilih pemimpin yang benar benar berkualitas.

"Di sini saya ingin mengajak masyarakat di Kabupaten Blora bisa menjadi pengawas pastisipatif, segera melaporkan jika ada kecurangan di dalam Pilkada nanti, terutama netralitas baik itu penyelenggara maupun PNS yang diatur sesuai regulasi yang ada," tegasnya.

Pada kesempatan itu pula ada salah satu warga asal Jepon Blora, Winarti (43th) yang sedang menyaksikan pagelaran budaya seni barong dalam rangka sosialisasi pengawas partisipatif merasa senang, ia mengaku pas atau setuju sekali apa yang di sampaikan oleh Bawaslu melalui kesenian rakyat kali ini.

"Senang, dan pas sekali, Bawaslu dalam mensosialisasikan pengawas partisipatif berbasis budaya ini, bisa menarik perhatian masyarakat dengan menggandeng kesenian rakyat barongan yang merupakan kesukaan orang Blora," kata Winarni. (HR/RED)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »