Peserta Serbu Kantor BPJS Blora Ajukan Turun Kelas, Akibat Iuran Dinaikkan

Ruang Pelayanan Kantor BPJS Blora

BLORA - Kebijakan pemerintah untuk menaikkan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuat warga di Kabupaten Blora memilih turun kelas.
Sejak 1 Bulan lalu, warga sudah banyak yang mengajukan permintaan turun kelas di Kantor BPJS Kesehatan Blora.
Kepala Kantor BPJS Blora, Dita Utami Ningsih membenarkan hal itu. Menurutnya, jauh sejak wacana kenaikan iuran bergulir, banyak warga yang datang ke kantor untuk mengajukan turun kelas.
"Kalau itu iya. Banyak didatangi peserta yang ingin turun kelas. Cuma berapa jumlahnya kami tidak tahu, karena kami tidak melakukan pencatatan tentang itu, yang kami catat hanya peserta yang melakukan pendaftaran," ucap Dita saat ditemui di Kantornya, Jumat (01/11/2019).
Dita mengaku tidak mempermasalahkan adanya peserta yang menghendaki turun kelas. Namun ada syarat bagi peserta yang ingin turun kelas, yakni sudah menjadi peserta minimal 1 tahun.
"Kalau syaratnya itu minimal sudah jadi peserta selama 1 tahun. Itu baru bisa turun kelas,"  paparnya.
Dita mengungkapkan, jumlah peserta BPJS Kesehatan Di Kabupaten Blora sebanyak 219.619.245 atau 68, 87 persen.
Sementara itu, salah satu peserta BPJS Nanda  warga Desa Kamolan, Kecamatan/Kabupaten  Blora mengaku kenaikan iuran BPJS sangat memberatkan dirinya. Pasalnya selama ini ia menggunakan BPJS mandiri.
"Saya ingin turun kelas saja. Sebab jelas berat. Apalagi saya harus bayar satu keluarga 5 orang. Kalau satu orang 110 ribu, sebulan sudah 550. Jelas itu gak masuk untuk ekonomi saya," ungkapnya.

Senada dengan Nanda, Jariyoko warga Kecamatan Bogorejo juga mengatakan hal serupa. Kenaikan iuran BPJS sangat memberatkan dirinya karena ia harus menanggung 3 orang sekeluarga.
"Sangat berat mas, tapi kan saya gak bisa turun kelas. Karena saya sudah kelas 3 yang paling rendah," pungkas Jariyoko.
(HR/RED)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »