STEM MENJADI PEM-AKAMIGAS MAHASISWA TETAP OPTIMIS DI INDUSTRI MIGAS

Rapat Terbuka Pelantikan Mahasiswa Baru STEM-Akamigas
Blora,- Sekolah Tinggi   Energi   dan   Mineral  Akamigas   (STEM-Akamigas),  segera   berganti   nama menjadi Politeknik Energi dan Mineral (PEM-Akamigas) Cepu, Blora.  Kedepan, PEM Akamigas tidak hanya membuka program S1, D3 dan D4, namun juga ahli migas dari program pasca sarjana. “Kedepan PEM Akamigas akan melahirkan ahli-ahli  migas dari program pasca sarjana, saat ini sedang persiapan,” jelas Ketua STEM Akamigas, Prof. Dr. RY Perry Burham, M.Sc, baru-baru ini.
Pergantian nama STEM ke PEM Akamigas, lanjutnya, menambah semangat baru kepada 897 mahasiswatahun akademik 2017/2018 yang dilantik bersamaan di gedung wisuda Graha Oktana STEM Akamigas. Hadir di acara pelantikan mahasiswa baru Wakil SKK Migas Sukandar, Kepala BPSDM ESDM Prof. Dr.IGN Wiratmaja Puja, pejabat ESDM, KKKS, Bupati Blora H. Djoko Nugroho, dan undangan lainnya.
Perry Burham menambahkan, dengan jumlah mahasiwa baru sebanyak 897 orang, ini berarti mengalami peningkatan sebanyak 134 orang dari tahun akademik 2016/2017 berjumlah 765 mahasiswa.
Menurutnya, mahasiswa sebanyak itu berasal dari masyarakat umum, program beasiswa, aparatur, kerja sama dengan Pemda penghasil migas, dan karyawan dari industri sektor energi sumber daya mineral (ESDM). “Perubahan itu sudah ada SK Nomor 2173/C.Ca/KL/2017 dari Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi,” jelasnya.
Lanjut Perry Burhan, STEM Akamigas   sebelumnya berstatus Sekolah Tinggi,   segera   akan   menjadi Politeknik, dan meningkat lagi menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Dengan perubahan itu, pihaknya optimis kedepan akan memberikan dampak lebih positif.
Sementara itu saat prosesi pelantikan mahasiswa baru, ditandai serah terima calon mahasiswa kepada Ketua   STEM  Akamigas,   dilanjutkan   penanda tanganan   naskah   serah   terima   dari   stakeholder   diwakili Pertamina, ucapan janji, dan pemakaiakan seragam mahasiswa yang diiringi lagu mars STEM.

Di acara yang sama Wakil SKK Migas Sukandar menjelaskan, STEM Akamigas adalah salah satu unit organisasi   di   lingkup   Badan   Pemberdayaan   Sumber   Daya   Manusia   (BPSDM)   Kementerian   Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), bertugas menyelenggarakan studi bidang ESDM. Diakuinya, bahan bakar dari fosil (BBM) di Indonesia separohnya adalah hasil impor, namun untuk enegi gas terus berkembang, “Pencarian cadangan migas beralih dari kawasan Indonesai barat ke kawasan Indonesia timur yang cadangan energinya masih cukup besar,” pungkas Sukandar. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »