Lobi ke Bappenas, Bupati Blora Minta Dukungan Pembangunan Jalan Kepoh di Jati


Bupati Blora loby ke Bappenas Jakarta,
bertemu Direktur Transportasi, Ikhwan Hakim, ST,
MSc, Ph.D. Foto: Prokompim Blora.

• Juga Singgung Jalan  Randublatung  - Getas 

JAKARTA — Bukan hanya berwacana apa yang dilakukan Bupati Blora, usai meninjau kerusakan jalan kabupaten di kawasan hutan Desa Kepoh, Kecamatan Jati yang membelah kawasan hutan milik Perhutani KPH Randublatung, Kabupaten Blora Jawa Tengah. Jumat, 12 Mei 2023.
 
Selain DPUPR Blora langsung diperintahkan untuk menangani sementara dengan mengerosok jalan rusak parah di desa Kepoh tersebut, Bupati Blora,  Senin, 15 Mei 2023, kunjungi Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional), untuk minta dukungan terkait pembangunan jalan di kawasan hutan di wilayah Blora.
 
Saat di Bappenas,  didampingi Sekretaris Bappeda dan Sekretaris PUPR, Bupati Blora  berkomunikasi langsung dengan Direktur Transportasi, Direktorat Transportasi, Ikhwan Hakim, ST, MSc, Ph.D terkait pembangunan jalan yang ada di Kabupaten Blora Jawa Tengah.
 
Dalam komunikasi itu, utamanya membahas  pembangunan jalan yang berada di tengah hutan Blora, Direktur Transportasi Ikhwan Hakim, menyatakan akan menurunkan tim untuk melihat kondisi lapangan yang ada di wilayah Blora.

"Secara teknis nanti kami akan lihat seperti apa kondisinya di lapangan," kata Ikhwan Hakim. 
 
Ikhwan Hakim menyambut baik atas kunjungan Bupati Blora dengan OPD terkait dalam rangka pembangunan jalan di Kabupaten Blora.

"Kami terimakasih atas kunjungan pak Bupati bersama OPD, tentu ini terobosan pemkab dalam upaya pembangunan daerah," ucap Ikhwan Hakim.
 
Sementara itu, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si., menyatakan, saat  di Bappenas untuk berkoordinasi sejumlah pembangunan jalan yang ada di Blora, pihaknya juga sempat komunikasi terkait  pembangunan jalan Randublatung- Getas. 
 
Ditandaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora saat ini terus mengupayakan penanganan jangka panjang  jalan tembus Blora – Ngawi itu dengan mengajukan permohonan bantuan pembangunan ke Pemerintah Pusat melalui Inpres. Agar dapat dukungan anggaran dari Kementerian PUPR.

"Jalan ini merupakan akses terdekat Blora menuju exit tol Ngawi, sehingga kami akan berupaya keras  supaya pembangunannya   berhasil," ujar  Bupati Blora. 

Kampus di Hutan Blora

Mengapa Pemkab Blora minta dukungan ke Pusat? Menurut Bupati Blora, di tengah hutan tersebut ada Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK)  UGM seluas 11 ribu Hektare, ada kampus lapangan Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta yang merupakan almamater-nya Presiden Jokowi. Setiap tahun mahasiswa UGM datang ke lokasi itu.  Sekaligus desa - desa di lokasi itu merupakan sentra penghasil jagung.
 
‘’Karena jalannya rusak, apalagi di musim penghujan seperti ini, banyak truk pengangkut hasil panen terperosok. Sedangkan kemampuan anggaran Kabupaten terbatas," imbuh Bupati Blora.

Dikemukakan, tahun 2022 Pemkab Blora sebenarnya telah membangun pembangunan jalan sekitar 1,5 Km dari Pasar Randublatung ke Selatan.
 
Selama ini, lanjut Bupati Blora, banyak pengguna tol ketika keluar dari Ngawi menuju Blora diarahkan Google Maps lewat Getas – Randublatung, karena memang jarak terdekat. Namun kondisinya jalan rusak.
 
Rusaknya jalan tersebut, Bupati Blora berharap semoga kelanjutan pembangunannya dapat dukungan anggaran dari Pusat.

"Jika jalan ini bisa kita wujudkan bersama, betapa senangnya ribuan masyarakat desa hutan di dalam sana yang selama ini jadi kantong kemiskinan. Semangat Sesarengan mBangun Blora Berkelanjutan," harap Bupati Blora.
 
Untuk diketahui, selama kepemimpinan Bupati Arief Rohman, sejak 2021 hingga 2022 kemarin sudah menganggarkan pembangunan jalan hingga sekitar Rp 450 Miliar.
 
Termasuk dengan pinjaman bank daerah. Namun anggaran sebanyak itu belum bisa menyelesaikan kerusakan jalan yang ada di wilayah Kabupaten Blora. Sehingga akan dilanjutkan di 2023 ini dan Pemkab terus mencari sumber pembiayaan lain untuk menambah anggaran pembangunan infrastruktur. (Prokompim/Redaksi)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »