PUPR Blora Hanya Perbaikan Sementara Grosok Jalan Rusak di Kepoh Jati


Penggrosokan oleh Pemkab Blora Untuk
Tangani Sementara Jalan Rusak Parah di
Desa Kepoh, Kecamatan Jati. 
Foto: Prokompim Blora.
 
BLORA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, melalui  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Blora melakukan penanganan sementara  kerusakan jalan kawasan hutan penghubung Balong - Kepoh, Kepoh - Karangtengah – Gejeg, pada Sabtu, 13 Mei 2023.  Hal itu dilakukan sehari setelah  Bupati Blora turun meninjau lokasi kerusakan jalan tersebut, Jumat, 12 Mei 2023.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Blora, Ir. Samgautama Karnajaya, MT, menjelaskan, bahwa sejak Sabtu, 13 Mei 2023, pihaknya langsung turun lapangan untuk melakukan perbaikan sementara jalan rusak di Desa Kepoh.  
 
Penanganan darurat kerusakan jalan itu dilakukan dengan pengurukan grosok di beberapa titik jalan yang rusak parah agar lebih aman dilalui masyarakat.
 
‘’Dengan Penggrosokan jalan itu mudah-mudahan untuk sementara bisa membuat warga setempat nyaman.  Ya, memang sejak Sabtu kami langsung melakukan penggrosokan jalan di Kepoh itu,’’ jelas Samgautama, Senin  (15/5/2023).
 
Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Kepoh, Sulawan menjelaskan bahwa penggrosokan jalan di desanya mulai dilakukan Sabtu, 13 Mei 2023. Sejumlah truk pengangkut grosok datang melakukan penggrosokan jalan yang rusak parah.
 
"Penggrosokan sebagai upaya darurat tercepat, agar bisa dilalui masyarakat dengan aman. Pasalnya jalan rusak di wilayah Balong – Kepoh, Kepoh – Karangtengah – Gejeg, hingga Kemadoh sangat memprihatinkan," ungkap Kades Sulawan.

 
Kades Kepoh belum tahu penggrosokan ini nanti akan menghabiskan berapa truk grosok. Karena ini sementara dari Bupati yang memerintahkan langsung DPUPR untuk melakukan penanganan sementara kerusakan jalan di Kepoh, Kecamatan Jati.
 
“Penanganan yang tepat yaitu dengan penggrosokan, karena untuk mempersingkat waktu. Yang nantinya akses jalan tersebut bisa segera dimanfaatkan warga untuk kegiatan ekonomi,” ucap Kades Kepoh.
 
Selanjutnya, untuk besok berlanjut kira-kira yang di grosok ada kurang lebih 2.5 km sampai 3 km, selatan jembatan Ngamis.
 
“Untuk pemberian grosok dimulai hari ini, sepanjang jalan yang jelek. Dan besok dilanjutkan pekerjaan pemberian grosok untuk tambal sulam di selatan jembatan Ngamis,” ucap Kades  Kepoh, Sabtu malam,  (13/5/2023) .
 
Jalan Beton
 
Pihaknya berharap penggrosokan bisa terus dilakukan sampai Kepoh, Karangtengah dan Gejeg. Setelah itu pihaknya berharap Pemkab dapat melanjutkan pembetonan jalannya.
 
"Semoga nanti dapat dibeton. Semoga dapat anggaran di APBD Perubahan 2023. Kami ucapkan terimakasih kepada Pak Bupati yang telah hadir langsung ke Kepoh melihat kondisi infrastruktur di desa kami," ujar Kades  Kepoh.

 
Beberapa waktu lalu, Bupati Blora H. Arief Rohman Jumat (12/5/23) meninjau langsung kondisi kerusakan jalan kabupaten di kawasan hutan Desa Kepoh, Kecamatan Jati yang membelah hutan Perhutani KPH Randublatung.
 
"Jumat lalu saya habis dari Kepoh. Saya minta DPU untuk menggrosok jalan yang rusak terlebih dahulu. Kami sedang berupaya mencari anggaran agar pembangunan jangka panjangnya bisa dilakukan," kata Bupati Blora.
 
Menurut Bupati Blora, ruas Kepoh - Gejeg - Kemadoh tahun 2022 kemarin baru saja selesai ada perbaikan pemadatan jalan. Namun rusak kembali karena dilintasi truk truk bertonase berat pengangkut hasil tebangan kayu jati hutan Perhutani.
 
"Ada 138 desa se-Kabupaten Blora yang berada di dalam hutan seperti Desa Kepoh ini. Untuk membangun semua itu tidak mungkin APBD Kabupaten cukup. Sedangkan warga inginnya dibeton. Sehingga kami terus berupaya mencari sumber-sumber anggaran lain di luar APBD Kabupaten untuk melanjutkan pembangunan jalan jalan yang masih rus-k rusak," ucap Bupati Blora.
 
"InsyaAllah Senin (15/5/2024) kami akan ke Jakarta, silahturahmi ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, atau Bappenas. Salah satunya menyampaikan kondisi yang ada di daerah agar bisa dibantu untuk membangun infrastruktur daerah. Kami juga akan berkomunikasi dengan pimpinan pusat Perum Perhutani, Kementerian PUPR, dan BUMN agar bisa sinergi. Mohon doa nya semoga hasilnya yang terbaik untuk Blora," imbuh Bupati Blora.
 
Untuk diketahui, selama kepemimpinan Bupati Blora H. Arief Rohman, sejak 2021 hingga 2022 kemarin sudah menganggarkan pembangunan jalan hingga sekitar Rp 450 Miliar.  Termasuk dengan pinjaman bank daerah. Namun anggaran sebanyak itu belum bisa menyelesaikan kerusakan jalan yang ada di Kabupaten Blora. Sehingga akan dilanjutkan di 2023 ini dan Pemkab terus mencari sumber pembiayaan lain untuk menambah anggaran pembangunan infrastruktur. (Prokompim/Redaksi) 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »