Puluhan Tahun Warga Kepoh Jati idamkan Jalan Mulus Bisa Terwujud


Kerusakan jalan yang ada di Desa Kepoh, 
Kecamatan Jati, Kabupaten Blora. Jawa Tengah.
Jumat, 12 Mei 2023. Foto : Prokompim Blora

BLORA — Ditengah kesibukannya,  Bupati Blora sempatkan tinjau langsung kerusakan jalan di Desa Kepoh, Kecamatan Jati, Jumat, 12 Mei 2023.  Suka cita warga Kepoh, melihat aksi dan mendengar rencana dari Bupati Blora kedepan atas  kondisi jalan di desanya. 
 
Bupati Blora   mengemukakan, dirinya meninjau langsung kerusakan jalan yang ada di Desa Kepoh, sekaligus mengambil dokumentasi sebagai bahan rapat dengan lintas kementerian dan BUMN.

‘’Kami ingin koordinasi dengan Kementerian BUMN dan Perhutani serta Kementerian PUPR. Semoga ada solusi terbaik untuk masyarakat yang sudah puluhan tahun mengidamkan jalan bagus," jelas Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si.,.
 
Pada saat itu, melihat Bupati Blora  terjun lapangan langsung, warga Kepoh menyambut suka cita, salah satunya Parmini, penjual nasi jagung keliling yang berpapasan dengan Bupati ditengah jalan dan dagangannya diborong Bupati Blora.
 
"Maturnuwun sanget Pak Bupati. Saya tidak menyangka bisa bertemu Bapak disini. Maturnuwun sampun diborong nasi jagungnya. Semoga jalannya bisa segera dibangun Pak," ucap Parmini.
 
Hal yang sama disampaikan oleh Sunarto, warga dusun Karangtengah, Kepoh, juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Blora yang telah sudi mampir ke desanya.

 
"Ini sejarah pertama kali ada Bupati sholat Jum'at, menjadi imam di masjid kami. Kesempatan yang langka, sekaligus membuka dialog dengan masyarakatnya. Semoga aspirasi Masyarakat yang disampaikan bisa direalisasikan Pak Bupati. Memang butuh proses, kami optimis Pak Bupati bisa mengupayakan. Sehat selalu Bapak," ungkap Sunarto.
 
Untuk diketahui Desa Kepoh terdiri dari 10 dukuh atau dusun. Dengan jumlah penduduk sekitar 3000 jiwa. Tersebar di kawasan hutan jati. Jarak Kepoh ke pusat Kecamatan Jati sejauh kurang lebih 13 kilometer.
 
Lintas Kementerian dan BUMN
 
Usai meninjau kerusakan jalan di Kepoh itu, Bupati Blora mengatakan bahwa  pembangunan jalan kabupaten dan jalan desa yang rusak di tengah hutan wilayah Kabupaten Blora butuh sinergi lintas Kementerian dan BUMN.
 
"Blora ini separuh wilayahnya berupa hutan jati Perhutani. Dari jumlah 271 desa se-Kabupaten, separuhnya atau sebanyak 138 desa berada di tengah kawasan hutan. Banyak jalan jalan yang rusak. Sebagian sudah dibangun Pemkab, seperti 2022 kemarin ada peningkatan jalan ruas Gejeg Kepoh - Kemadoh. Namun tidak lama dilewati truk truk besar Perhutani mengangkut hasil hutan sehingga kembali rusak dan dikeluhkan masyarakat," ungkap Bupati Blora.
 
Dikatakan, padahal jalan tersebut bukan hanya jalur Perhutani, namun juga merupakan jalur terdekat anak - anak  menuju sekolah, menuju Puskesmas, dan akses ekonomi masyarakat untuk menjual hasil panen. Komoditas utamanya jagung. 
 
"Oleh karena itu hari ini kami tinjau langsung sekaligus mengambil dokumentasi sebagai bahan rapat dengan lintas kementerian dan BUMN. Kami ingin koordinasi dengan Kementerian BUMN dan Perhutani serta Kementerian PUPR. Semoga ada solusi terbaik untuk masyarakat yang sudah puluhan tahun mengindamkan jalan bagus," tambah Bupati Blora.

 
Menurut Bupati Blora, selama dua tahun terakhir Pemkab Blora telah menganggarkan sekitar Rp 450 Miliar untuk pembangunan jalan kabupaten. Namun masih belum cukup dan banyak jalan di kawasan hutan yang kondisinya memprihatinkan.
 
"Memang kami prioritaskan jalan-jalan utama penghubung antar Kecamatan dahulu yang dibangun. Untuk jalan penghubung antar desa di kawasan hutan seperti Kepoh ini butuh perhatian khusus dengan melibatkan lintas sektor," lanjut Bupati Blora.
 
Dalam kunjungannya ke Desa Kepoh itu, Bupati Blora meninjau langsung kerusakan jalan Balong - Kepoh, Kepoh - Karangtengah - Gejeg, hingga Kemadoh. Namun karena Gejeg - Kemadoh rusak berat maka kendaraan belum bisa sampai Kemadoh. Bupati juga menunaikan salat Jum'at di Masjid Karangtengah Kepoh, dilanjutkan dialog dengan masyarakat.
 
"Pembangunan jalan tetap akan menjadi prioritas kami. Mohon do'a nya nggih, semoga harapan Bapak Ibu semuanya bisa diwujudkan bersama. Akan kami coba komunikasi dengan Dirut Perhutani, Kemenangan BUMN dan PUPR," ucap Bupati Blora saat dialog dengan warga Kepoh.
 
Dikatakan, Dinas PUPR Blora sudah dihubungi agar bisa melakukan pengukuran dan penghitungan rencana pembangunan. Sehingga nantinya bisa diketahui berapa kebutuhan anggarannya. Agar bisa didiskusikan dengan Kementerian dan BUMN.  
(Prokompim/Redaksi)
Share:

1 comments:

  1. Ya Allah, Trus Warga Anda, Suruh Lewat Mana tho pak bOs, pak bOs. Koq nDak Mikir ya. Sendainya Anda dipihak mereka. Hhmmmm...

    ReplyDelete

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »