Kapasitas Mobil Siaga Desa, Perlu di tingkatkan Fasilitasnya

BLORA - Keberadaan mobil siaga desa memiliki peran yang strategis dan sangat penting, saat kondisi lonjakan Pandemi Covid-19 saat ini.

Mobilitasnya sangat tinggi, untuk mengantarkan warga desa yang sakit, akibat di duga terpapar Covid-19, menuju rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Namun sayangnya, mobil siaga desa ini ada yang belum  dilengkapi alat kesehatan dan perlindungan diri yang mumpuni, karena awalnya memang untuk sekedar antar jemput warga yang sakit, ke fasilitas kesehatan yang ada, atau keperluan mengurus administrasi desa.

Mobil Siaga Desa memang tidak didesain seperti mobil ambulance puskesmas, yang harus dilengkapi peralatan spesifikasi kesehatan standar.

Namun akibat dari tingginya lonjakan penularan Covid-19, perlu ditingkatkan peralatan dan fasilitas penunjang kesehatan standar minimal untuk kondisi darurat.

Sediakan Alkes APD

Sehingga Pemerintah Desa setempat  perlu menganggarkan kembali pemenuhan Peralatan Kesehatan (Alkes) dan Alat Pelindung Diri (APD) 
untuk Tim Satgas Covid-19 tingkat Desa. Sehingga Mobil Siaga Desa perlu ditingkatkan fasilitas dan fungsinya.

Dengan menyediakan Alat Pelindung Diri dan Alat Kesehatan minimal, seperti tabung oxygen portabel, komplit dengan selang dan regulatornya, oxymeter, kursi roda dan obat - obatan untuk pertolongan pertama.

Sebagai penunjang program PPKM Mikro. Dan dalam  kondisi PPKM Darurat. Bukan sekedar untuk mobil dinas Kepala Desa, namun benar - benar bermanfaat untuk warga yang membutuhkan. (Rome/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

IPHI Jiken Diminta Bisa Berinovasi dalam Berbagai Bidang

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora H. Arief Rohman, berharap Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Jiken dapat ikut serta m...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »