PWI Gandeng Polres Blora Menangkal Masuknya Radikalisme Dan Terorisme

Peserta Dan Narasuber Foto Bersama Usai Sarasehan

Blora,- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Blora bekerja sama dengan Kepolisian Resor (Polres) Blora menggelar Sarasehan lintas agama, Pelajar dan tokoh masyarakat dalam rangka menangkal masuknya paham radikalisme dan terorisme Kabupaten Blora, bertempat di gedung Arryaguna Mapolres Blora,  Selasa (24/09/2019).

Ketua PWI Blora, Wahono, S.Sos. S.Kom dalam sambutannya mengatakan tema ini sengaja diambil karena muncul satu persepsi jika penganut paham radikal adalah mereka yang berjenggot dan memakai celana pendek.

"Jadi ini yang perlu diluruskan, karena di Blora muncul satu persepsi, mereka yang berjenggot dan memakai celana cingkrang (pendek) disangka penganut radikalisme, ini kan tidak benar," ucap Wahono.

Melalui kegiatan ini, Ketua PWI Blora mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifitas yang telah terbangun di Kabupaten Blora. Dirinya pun menghimbau agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang menyesatkan, terutama jangan percaya dengan berita-berita Hoax.

"Situasi kondusif yang ada mari kita jaga bersama. Kami PWI Blora mengajak masyarakat terus menjaga kedamaian. Walaupun kami wartawan tapi kami ingin Blora tetap damai," ujarnya.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Blora, AKP Slamet Riyanto, SH. MSi. menjelaskan bahwa  akar dari munculnya aksi terorisme diawali dengan berkembangnya paham radikal. Sifat radikal ini lebih mengedepankan kekerasan dalam menyikapi berbagai persoalan yang ada.

"Radikalisme dapat diartikan sebagai sifat fanatisme yang sangat tinggi terhadap agama. Mereka mengajak dengan cara kekerasan agar orang lain mengikutinya. Di Indonesia meningkatnya radikalisme ditandai dengan berbagai aksi kekerasan dan teror," jelas AKP Slamet.

Hadir dalam kegiatan itu, Kasat Binmas Polres Blora, AKP Slamet Riyanto, Komandan Intel Kodim 0721/Blora, Letda Arm Gunawan HS, Ketua FKUB Blora, KH Ishad Shofawi, Takmir masjid hingga sejumlah pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Blora.

Dalam sarasehan ini juga hadir 6 pelajar asal Papua yang sedang menempuh pendidikan di SMA Katholik Wijayakusuma Blora. Acara sarasehat dipungkasi dengan sesi foto bersama peserta sarasehan dengan narasumber. (HR/RED)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »