Jalankan Instruksi Gubernur, Bayar SPP SMA di Blora Sekarang Hanya 75 Ribu Rupiah

Siswa Baru SMA Negeri 1 Blora
Blora,- Sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Blora, Jawa Tengah mulai menerapkan pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sebesar  75 ribu rupiah. Kebijakan ini diambil setelah adanya instruksi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai upaya merealisasikan program sekolah murah.

Di SMA Negeri 1 Blora, penerapan pembayaran SPP sebesar 75 ribu rupiah dilakukan dengan mengundang para wali murid dan komite sekolah.

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Blora, Slamet Joko Waluyo mengatakan, dikumpulkannya para orang tua wali murid untuk memberikan penjelasan mengenai pembayaran SPP terbaru yang akan dimulai pada bulan depan.

“Orang tua wali murid kita kumpulkan ini dalam rangka rembuk musyawarah  masalah pembayaran SPP yang sudah kita tetapkan sesuai dengan aturan Gubenur dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang besarnya maksimal 75.000 rupiah,” jelas Slamet Joko Waluyo, Jumat (06/09/2019).

Sebelumnya orang tua siswa harus membayar SPP  sebesar 175.000 rupiah dan terendah 40.000 rupiah. Untuk aturan baru, pembayaran SPP maksimal 75.000 rupiah. sedangkan untuk yang membayar 40.000 rupiah tetap akan dipertahankan.

"Jadi yang 40 ribu rupiah itu kan yang memang kategori tidak mampu. Nanti kita terapkan tetap segitu, tidak berubah," imbuhnya.

Slamet Joko Waluyo menjelaskan perubahan ini dikarenakan adanya instruksi dari Gubenur Jawa Tengah dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah.

Menurutnya, bagi siswa yang sudah telanjur membayar di atas 75.000 rupiah akan dikembalikan lagi kepada  orang tua siswa.

“Siswa yang sudah terlanjur membayar diatas 75.000 rupiah, akan kita kembalikan lagi, atau sisa uangnya bisa untuk pembayaran SPP bulan berikutnya,” ujar Slamet Joko Waluyo.

Terpisah, Kepala Sekolah SMKN 2 Blora, Suhardini mengaku, kebijakan pembayaran uang SPP sebesar 75.000 rupiah sudah ia terapkan pada saat tahun ajaran baru bulan Juli lalu. Kebijakan ini sebagai respon atas keinginan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk memberikan pendidikan murah bagi warga Kabupaten Blora Jawa Tengah.

"Kalau kita sudah bulan Juli lalu, saat dimulainya tahun ajaran baru 2019. Prinsipnya kita samakan. Intinya pak Gubernur itu kan kita memberikan pelayanan kepada mereka yang kurang mampu. Gak masalah bagi kita. Kita sambut dengan baik," kata Suhardini.

Penurunan pembayaran SPP ini disambut baik oleh berbagai kalangan. Heri Purnomo orang tua murid di SMAN 1 Blora Ananda Alip menyambut positif kebijakan tersebut.

"Yang jelas kami senang, jadi lebih murah. Dulu saya harus bayar SPP anak saya 120 ribu rupiah, jadi sekarang hanya 75 ribu rupiah, jelas senang pastinya, lebih ringan,"  ucap Heri Purnomo.

Sementara itu  Umartono, Ketua Komite sekolah mengapresiasi kebijakan itu. Umartono mengatakan bahwa kebijakan SPP maksimal 75 ribu rupiah akan membuat orang tua murid lebih ringan untuk membayarnya.

"Kami dari komite jelas mendukung penuh kebijakan itu. Kebijakan ini jelas akan semakin meringankan para orang tua wali murid," ungkapnya. (KUDNADI/RED)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »