IMPARA UIN WALISONGO NAPAK TILAS SEDULUR SIKEP SAMIN SUROSENTIKO


IMPARA bersama Mbah Lasio Napak Tilas Sejarah Sedulur Sikep Samin Surosentiko
Di Pendopo Samin Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo

Blora,- Seluruh anggota Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Blora (IMPARA) UIN Walisongo mengikuti acara Napak Tilas Sejarah Sedulur Sikep Samin Surosentiko dengan narasumber Mbah Lasio (salah satu keturunan Samin) pada Kamis, 10 Januari 2019 dimulai dari pukul 09.00 WIB. Sampai usai.

Kegiatan Napak Tilas ini diselenggarakan di Dukuh Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo tepatnya di Pendopo Samin. Pentingnya mengetahui sejarah tokoh Samin Surosentiko oleh karena Samin sendiri menjadi salah satu ikon Kota Blora mendorong anggota IMPARA menyelenggarakan acara ini, sekaligus untuk menggali lebih dalam eksistensi pada saat itu.

Ketua Umum IMPARA UIN Walisongo, Amy Mas’udah mengatakan mahasiswa Blora khususnya IMPARA UIN Walisongo bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat dari acara napak tilas ini dan mengetahui Samin yang sebenarnya itu seperti apa.

“Sebagai Mahasiswa dan Pelajar Saat ini, perlu menambah referensi pengetahuan perihal Samin yang sesungguhnya, jadi tidak hanya mendengar cerita saja,” ungkap Mas’udah.

Tokoh Samin sendiri sangat berperan terhadap masyarakat pada zaman Belanda, warga asli Blora khususnya mahasiswa perlu tahu perjuangan tokoh Samin dalam menghadapi penjajah pada saat itu.

Acara Napak Tilas tersebut berjalan dengan lancar. Diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan, kemudian dilanjutkan oleh Mbah Lasio selaku narasumber menyampaikan mengenai Samin ini.

Peserta napak tilas tersebut sekitar 40 mahasiswa yang datang dari berbagai universitas, antara lain UIN Walisongo, UNS, UNNES, UNWAHAS,UNISULLA.

Dalam kesempatan itu, Mbah Lasio memberikan nasehat bahwa untuk seluruh anggota IMPARA sebagai mahasiswa dan pelajar yang selain  sedang menuntut ilmu juga harus patuh terhadap orang tua. Karena ridlo orang tua menentukan segala yang kita lakukan.

Impara yo sing rukun, nuruti dawuhipun Bapak lan Ibu, tegas Mbah Lasio. (Hfd/Sandi/Red)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

5 Teman Terdekat Bisa Merubah Karakter Orang Kedepan

Inilah Hikmah Berteman Dari Berbagai Karakter Manusia, diantaranya:    ▪︎ Ada Teman yang bersifat keras dialah sebetulnya yang mendidik kita...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »