TP PKK Blora Mencanangkan Program Desa Keluarga Tangguh dan Tanggap Bencana

 



BLORA  - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora mencanangkan Desa Keluarga PKK Tanggap dan Tangguh Bencana (Keluarga PKK Gagah Bencana) yang dilaksanakan secara maraton di tiap kecamatan pada satu desa percontohan.

 

Pencanangan kali pertama dilaksanakan di desa Ketileng Kecamatan Todanan, Selasa (08/11/2021), dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Blora Hj. Ainia Sholichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI serta pengurus TP PKK lainnya.

 

“Pada pagi ini kedatangan kami serombongan beserta Pengurus TP PKK Kabupaten Blora yang pertama adalah Pembinaan wilayah pelaksanaan 10 program Pokok PKK, yang kedua adalah acara Pencanangan dan Pengukuhan Pengurus Keluarga PKK Gagah Bencana, saya ucapkan selamat dan terimakasih pengurus yang hari ini dikukuhkan,” ucap Hj. Ainia Sholichah.

 

Dijelaskan Bunda Ain, sapaan Hj. Ainia Sholichah, bahwa Keluarga PKK Gagah Bencana adalah salah satu Program Prioritas TP PKK Pusat dan harus ditindak lanjuti sampai ke tingkat Desa/Kelurahan.

 

“Keluarga PKK Gagah Bencana adalah merupakan suatu Desa/Kelurahan binaan PKK untuk mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat melalui program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat,” jelas Hj. Ainia.

 

Yang mempunyai tujuan untuk menjadikan seseorang, keluarga atau masyarakat agar mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan dari aspek fisik manusia maupun lingkungannya.

 

Menurutnya, bencana tidak hanya fisik saja , tetapi ada bencana lain yaitu di Bidang kesehatan misalnya tingginya jumlah stunting, tingginya kematian ibu, balita dan bayi.

 

Kemudian adanya Covid-19 yang sampai saat ini belum juga hilang, maka perlu kesiapsiagaan semua warga masyarakat untuk ambil peran dalam melakukan suatu perencanan program bagaimana agar kita bisa tanggap dan tangguh saat terjadi bencana itu.

 

Kegiatan ini, lanjut Hj. Ainia Sholichah, tidak hanya simbolis pencanangan saja tetapi perlu mendapatkan perhatian, segera disosialisasikan kepada masyarakat, segera disusun program kerja dan kegiatan, koordinasi dengan semua pihak yang terkait, melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

“Saya berharap pembentukan Keluarga PKK Gagah Bencana nanti diikuti oleh semua Desa di Wilayah Kecamatan Todanan, Desa Ketileng sebagai pionirnya semoga bisa menjadi contoh untuk desa-desa yang lain,” ungkapnya.

 

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada BPBD yang telah memberikan bantuan untuk Desa Ketileng berupa masker, sebab sangat bermanfaat sekali karena masih masa pandemi.

 

“Semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh desa,” ucapnya.

 

Hj. Ainia Sholichah menjelaskan kedepan tantangan PKK semakin berat seiring dengan perkembangan teknologi yang demikian pesat yang mampu merubah perilaku kehidupan di masyarakat permasalah semakin kompleks, dan kita dihadapkan pada fase ke hidupan milenial yang serba canggih.

 

“Dengan kondisi ini kita semua sebagai kader PKK harus segera bebenah diri, Pengurus harus meningkatkan kualitas agar PKK tetap eksis dan mampu menghadapi segala tantangan dan perubahan kehidupan yang demikian cepat namun demikian saya tetap optimis ibu- ibu pengurus PKK di semua tingkatan dengan penuh semangat dan daya juang yang tinggi akan mampu menghadapi semuanya,” terangnya.

 

Dirinya mengajak semuanya bersatu saling bergandengan tangan, saling mensupport dalam menghadapi semua permasalahan yang ada, dan ikut mengambil peran Sesarengan mBangun Blora.

 

“Selamat berjuang, selamat berkarya untuk kemajuan kita semua dan sukses selalu untuk PKK dan untuk kita semua.PKK Blora Smart, Kreatif, Inovatif, Berdaya, Luar Biasa,” tuturnya.

 

Hadir pada pencanangan di desa Ketileng, Camat Todanan Dasiran, S.Ag.,M.Si, Kepala Desa Ketileng, BPBD Blora dan unsur Forkopimcam Todanan. Pencanangan ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Hj. Ainia Sholichah. (ADY/Red).

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »