Wabup Blora Hadiri Launching SIM Presisi

BLORA - Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST, MM mewakili Bupati H. Arief Rohman, S.IP, M.Si menghadiri Launching Aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) secara virtual pada Selasa (13/04/2021) bertempat di Lobby Mapolres Blora.

Launching secara nasional dipimpin oleh Kapolri dan diikuti oleh jajaran Polres Blora dan jajaran Forkopimda, BRI Cabang Blora, BNI, PT. POS Indonesia melalui aplikasi zom meeting.

Dalam laporannya, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memyampaikan bahwa pelayanan SIM online ini bisa untuk proses perpanjangan maupun pembuatan baru SIM (Surat Izin Mengemudi). Mengurus SIM secara online bisa dilakukan melalui aplikasi SINAR (SIM Presisi Nasional) yang dapat diunduh dan diinstall pada perangkat handphone masing-masing.

"Pemohon yang akan membuat SIM A dan SIM C dapat mengunduh aplikasi digital bernama SINAR (SIM Presisi Nasional) melalui “App Store” atau “Play Store” di telepon seluler. Melalui aplikasi SINAR, pemohon perpanjangan SIM A dan C tidak perlu lagi harus ke kantor Satpas SIM,"kata Kepala Korlantas RI.

Lebih lanjut Ka. Korlantar menyampaikan bahwa aplikasi ini untuk perpanjangan SIM A dan SIM C. Namun untuk pembuatan SIM baru, pemohon tetap harus datang ke Satpas untuk melaksanakan ujian praktik. 

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa pemanfaatan teknologi informasi ini merupakan terobosan jajaran Kepolisian RI untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan perpanjangan SIM A dan SIM C ini merupakan salah satu perwujudan visi misi kami dalam mengikuti fit and proper test dihadapan Komisi III DPR RI," ucap Kapolri.

"Dengan aplikasi ini mengurangi interaksi dengan masyarakat, sehingga dapat mengurangi penyalahgunaan wewenang oleh oknum," 
lanjutnya.

Wakil Bupati menyambut baik teroboson ini sebagai salah satu pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Saya mewakili bapak Bupati turut senang dengan adanya aplikasi ini, yang memudahkan masyarakat dalam mengurus perpanjangan SIM A dan SIM C. Dan dengan aplikasi ini mengurangi kerumunan di masa pandemi Covid19," kata Mbak Etik.

Hadir dalam acara ini jajaran Forkopimda, Bank BNI 46 Cabang Blora, Bank BRI Cabang Blora, PT. Pos Indonesia dan jajaran Satlantas Polres Blora. (ADY/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »