Pantang Kalap Saat Buka Puasa di Bulan Ramadan


Jangan Makan Berlebihan, Resiko Kekenyangan
Anda Tidak Nyaman Salat Tarawih pada
Malam Ramadan di Masjid dekat rumah Anda.
Foto : google image

BLORA – Hampir seharian berpuasa membuat seseorang “balas dendam” untuk makan dan minum sebanyak-banyaknya saat buka puasa. Alih-alih menginginkan manfaat puasa bagi kesehatan, namun kalap makan justru  bisa mendatangkan berbagai masalah pada tubuh.

Sengaja ataupun tak sengaja, kebiasaan makan berlebihan saat buka puasa, ternyata berdampak buruk pada kesehatan anda loh, sebagai contoh seperti;

Menyebabkan gangguan pencernaan, mual dan muntah-muntah, lemas dan mendatangkan kantuk, dan atau kenaikan berat badan anda.

Nah sebaiknya anda ikuti, tips sehat berbuka puasa yang baik berikut ini;

Pertama, segera membatalkan puasa, saat sirine / nguuk (tanda buka puasa).

Kedua, awali dengan minum air putih. 

Ketiga, mengonsumsi takjil yang sehat seperti kurma atau buah-buahan.  

Keempat, konsumsi makanan bergizi seimbang. 
Dan yang kelima, jangan langsung makan dalam porsi banyak.

Selain baik bagi tubuh anda, makan secukupnya saat berbuka puasa juga meminimalisir risiko food wasted, artinya menumpuknya sampah makanan.

Ingat, setiap orang yang berpuasa membutuhkan makanan saat buka puasa dengan gizi seimbang, kaya nutrisi agar tetap berenergi. Paling penting minum air putih saat buka puasa. 

Makanan yang Disunahkan untuk Berbuka Puasa

Di antara banyaknya makanan yang dapat dijadikan menu berbuka, berikut beberapa makanan yang disunahkan untuk berbuka puasa, antara lain: Kurma, Air putih, Makanan manis.

Kurma adalah menu berbuka puasa yang paling pertama dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal ini tercantum dalam hadist yang diriwayatkan At-Tirmidzi,

إذا أفطر أحدكم فليفطر على تمر، فإن لم يجد فليفطر على ماء فإنه طهور

Artinya: “Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci,” (HR At-Tirmidzi).

Berdasarkan pendapat ulama, apabila tidak tersedia kurma, boleh menggantinya dengan makanan atau minuman manis seperti, kolak, madu, buah dan lain sejenisnya. (KementanRI/ADY/Redaksi)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »