Universitas Indonesia Siap Kurangi Angka Kemiskinan di Kabupaten Blora


 
DEPOK - Universitas Indonesia (UI) yang berlokasi di Depok, Jawa Barat, siap bantu pembangunan di  Kabupaten Blora. Salah satunya mengurangi angka kemiskinan.
 
Usai melakukan penandatanganan MoU dengan Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, di gedung Pusat Administrasi UI, Rabu, 20 Juli 2022, Wakil Rektor UI Bidang Kerjasama, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA. menyatakan,  UI siap membantu pembangunan di Kabupaten Blora.
 
“Usai penandatanganan MoU, semua ilmu dan teknologi yang dimiliki UI miliki siap diperbantukan untuk Blora. Program -  program kerjasama akan segera disusun secara teknis," ungkap Prof. Dedi.
 
Bupati Blora, H. Arief Rohman merasa bersyukur akhirnya Pemkab Blora bisa membangun kerjasama dengan kampus almamaternya ketika kuliah S2.

"Alhamdulillah akhirnya kita deal, sepakat membangun kerjasama dengan UI yang kita tandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Pak Wakil Rektor," papar H. Arief Rohman. 
 
Dikemukakan, dalam waktu dekat, tim teknis UI dan OPD teknis Pemkab akan segera menyusun program kerjasama dalam rangka membantu pembangunan Kabupaten Blora. Tidak hanya pendidikan SDM saja, namun juga pembangunan bidang lainnya seperti pemberdayaan masyarakat, rintisan desa binaan, kesehatan, kelestarian lingkungan.

 
Bupati H. Arief berharap, UI bisa berkontribusi dalam pengurangan angka kemiskinan melalui program desa binaan.
 
Dijelaskan oleh Bupati, bahwa di Blora  saat ini ada 48 desa yang masuk zona merah kemiskinan. Bupati Arief menyatakan, keinginannya tidak muluk-muluk.  Satu saja desa zona merah yang dijadikan binaan Perguruan Tinggi pastinya akan bisa membawa perubahan pada desa tersebut.
 
“Jadi nanti UI punya satu desa binaan di Blora. Hal yang sama juga kita minta ke Perguruan Tinggi lainnya. Hingga saat  ini sudah ada sekitar 38 Perguruan Tinggi yang kita gandeng," imbuh H. Arief.
 
Atas harapan itu semua,  Wakil Rektor UI Bidang Kerjasama, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA. Menyatakan, UI menyambut baik rencana Bupati H. Arief Rohman yang ingin menggandeng kerjasama pembangunan berwawasan lingkungan serta pemberdayaan masyarakat desa kawasan hutan, pengembangan UMKM, termasuk penanganan kesehatan dan stunting.
 
"Apa apa saja yang menjadi permasalahan Blora bisa didiskusikan bersama. Kita dari Perguruan Tinggi juga ingin hadir memberikan manfaat untuk masyarakat melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi," terang Prof. Dedi Priadi.
 
Hadir saat MoU, Direktur Kerjasama Dr. Toto Pranoto S.E, M.M., Direktur Kemahasiswaan Dr. Badrul Munir, ST., M.Eng., Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit Usaha, T.M. Zakir Sjakur Machmud, M.Ec., Ph.D.,. Juga Kepala Lembaga Sains Terapan FMIPA UI Prof. Jatna Supriatna. Serta Prof. Dr. dr. Imam Subekti, Sp.PD-KEMD, guru besar Fakultas Kedokteran UI asli Blora. (Prokompim/ADY/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »