758 Koperasi di Kabupaten Blora, Bupati Blora Berharap Bisa Kontribusi Dalam Pertumbuhan Ekonomi Daerah


 
BLORA – Bupati Blora   berharap semua koperasi di Blora yang jumlahnya terdata 758 untuk aktif semua. Dengan aktifnya semua koperasi itu diharapkan akan ikut berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi daerah.
 
"Kami harap dari sektor UKM dan koperasi dapat membantu kami dalam rangka pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Blora,’’  tandas Bupati di acara tasyakuran Hari Koperasi Nasional ke -75,   di gedung PKPRI Blora, Selasa kemarin,  (12/7/2022).
 
Untuk merealisasi hal tersebut, Bupati Arief meminta agar koperasi-koperasi yang ada di Blora untuk dipetakan, baik yang masih aktif dan yang  saat ini tidak aktif.
 
Dijelaskan Bupati H. Arief Rohman, S.IP, M.Si bahwa dari 758 koperasi yang terdata, masih cukup banyak koperasi yang saat ini tidak aktif. Padahal kalau aktif semua akan membantu penyerapan tenaga kerja. 
 
Untuk koperasi yang rata-rata tidak aktif ini dari KUD, LMDH, dan Gapoktan. Untuk itu semua koperasi yang ada akan dipetakan, sementara dinas terkait, terutama Dindagkop UKM diminta untuk terus mendampingi koperasi yang ada agar mereka bisa berkembang dan aktif.
 
Untuk mendorong peningkatan kualitas SDM koperasi yang ada di Blora, Pemkab akan segera mendata. Selanjutnya akan memberi pelatihan sesuai kebutuhan. Tujuannya agar koperasi yang ada dan belum aktif untuk bisa segera aktif kembali.
 
Untuk beberapa koperasi di OPD yang kondisinya bagus dan masih eksis diminta untuk turut berbagi pengalaman, sehingga bisa ditiru dan dicontoh koperasi yang lain.
 
Kualitas SDM Koperasi

 
Pada kesempatan itu, Ketua Dekopinda Blora, H. Supandi memaparkan,  berdasarkan data di Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Blora, tercatat ada 758 koperasi se-Kabupaten Blora.
 
"Dari jumlah tersebut yang aktif hanya 283 dan yang mengadakan RAT tahun buku 2021 hanya 113 koperasi," jelasnya.
 
Menurut H. Supandi, beberapa hal yang penting untuk berkembangnya koperasi di Blora, salah satunya adalah peningkatan kualitas SDM manajemen koperasi.

"Potensi, kreativitas, aktivitas, dari para sumber daya manusia yang mengelola koperasi, kita akui bahwa SDM perlu ada peningkatan pengetahuan," ungkapnya
 
Pada acara tasyakuran Hari Koperasi Nasional ke-75 tingkat Blora itu, Bupati H. Arief menyerahkan  bantuan dan tali asih kepada tokoh koperasi Blora, yakni  Pujo Pramono, Suparno, Ny. Warja.
 
Bupati juga menyerahkan tali asih kepada panti asuhan putra Muhammadiyah, panti asuhan Darul Hadlonah Sukorame, dan Yayasan Bethesda.  (Prokompim/ADY/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »