Unisnu Jepara Akan Latih Ukir Jati Bagi Warga Blora


JEPARA – Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara, menyatakan siap membantu Kabupaten Blora dalam hal pelatihan dan pendidikan desain ukir bagi masyarakat Kabupaten Blora. Hal ini diungkapkan Rektor Unisnu, Dr. H. Sa'dullah Assa'idi, M.Ag., usai melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) dengan Bupati Blora di Rektorat Unisnu, Kamis (14/7/2022) kemarin.

“InshaAllah kami dari Unisnu siap membantu Blora. Blora punya bahan baku jati yang bagus, kami punya ahlinya desain ukir yang konon kata orang yang terbaik di dunia. Jika ini dapat dikolaborasikan, maka akan banyak manfaatnya. Bisa mencetak SDM kompeten di bidang ukir, dan memajukan industri kreatif di Blora,” ucap Sa'dullah Assa'idi.

Menurut Rektor Unisnu, selain memberikan pelatihan desain ukir, pihaknya juga siap menyusun program beasiswa dan pelaksanaan KKN untuk Kabupaten Blora.

“Keberadaan perguruan tinggi memang harus bisa memberikan manfaat untuk masyarakat. Kali ini Pak Bupati Blora sudah hadir langsung ke Unisnu, maka sudah sepantasnya kita membantu Pak Bupati dalam membangun daerahnya,” tambah Rektor Sa’dullah.

Sementara itu, Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., mengucapkan terimakasih kepada Rektor Unisnu Jepara dan jajaran yang telah menyambut baik dan bersedia membantu Kabupaten Blora dengan ilmu dan SDM unggulnya.

“Pak Rektor ini rupanya satu almamater dengan saya, sama-sama lulusan Jombang. Sehingga kami sangat berterimakasih. Mohon juniornya ini dibantu. Blora butuh bantuan banyak perguruan tinggi, termasuk Unisnu,” ucap Bupati.

“Blora ini terkenal dengan jatinya, namun yang ahli mengolah justru Jepara. Sehingga kami akan sangat terbantu jika pelatihan desain ukir bisa diberikan Unisnu kepada warga masyarakat kami. Nanti bisa lewat skema beasiswa kuliah desain ukir, atau pelatihan di Blora. Skemanya biar dimatangkan OPD teknis,” ungkap Bupati.

“Atau lewat program pelatihan ketenagakerjaan dengan ketrampilan ukir kayu jati. Bisa lewat BLK kerjasama dengan Unisnu. Agar kedepan produk kayu jati Blora tidak hanya dijual mentah keluar daerah. Namun diolah dahulu di dalam daerah, membuka peluang kerja masyarakat lokal,” sambung Bupati.

Pihaknya juga tertarik untuk menggandeng ahli ukir dari Unisnu untuk membantu finishing Masjid Agung Baitunnur Alun-alun Blora. 

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., Asisten Pemerintahan dan Kesra, Irfan Agustian Iswandaru, AP., M.Si., Kepala Bappeda, Kepala Dinrumkimhub, Kepala Dinas Sosial P3A, Sekretaris Dinperinaker, dan sejumlah Kabag. (Prokompim/ADY/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Wakil Ketua DPRD Blora Hadiri Temu Petani Tebu Blora dengan Pendiri Pabrik Gula Rembang

BLORA — Dalam acara temu kangen, seorang pengusaha Kamajaya yang dulu membidani Pabrik Gula (PG) Blora bertemu dan berdialog de...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »