Dinas Pusdataru Jateng dan DPUPR Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Embung Karangjati Blora


Blora - Jajaran Dinas PUPR Kabupaten Blora Bidang Sumber Daya Air (SDA) bersama Jajaran Dinas Pusdataru Provinsi Jawa Tengah Bidang Pengembangan dan Pembinaan Teknis melakukan peninjauan lapangan bersama di lokasi rencana Embung Karangjati Blora, tepatnya di lokasi tanah bengkok kelurahan,  dukuh Nglawiyan Kelurahan Karangjati Kecamatan Blora Kabupaten Blora, Rabu, (20/7/2022).

Hadir dalam peninjauan lapangan tersebut adalah jajaran staf Subkoordinator SID Bidang PPT Dinas Pusdataru Provinsi Jateng didampingi langsung oleh Kabid SDA DPUPR Kab.Blora beserta jajaran dari Kelurahan Karangjati Kec.Blora yang dipimpin langsung oleh Lurah Karangjati.

Kepala DPUPR Blora Ir. Samgautama Karnajaya, MT melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air SDA DPUPR, Surat, ST, MT, menyampaikan bahwa  lokasi rencana embung yang ditinjau berada di tanah bengkok kelurahan Karangjati.

"Berlokasi di Dukuh Nglawiyan Kelurahan Karangjati Kecamatan Blora dengan luas area kurang lebih ada dua hektar yang diusulkan untuk bisa dibangun embung," jelasnya.

Karena, di lokasi itu yang dapat berguna untuk penyediaan air irigasi pertanian dan penyediaan air baku bagi masyarakat.

Peninjauan itu dilakukan dalam rangka menindaklanjuti koordinasi yang telah dilakukan oleh DPUPR Kab.Blora melalui kepala Bidang SDA pada Selasa 19/7/2022 di Kantor Dinas Pusdataru Semarang terkait usulan rencana Pembangunan Embung Karangjati Blora beberapa tahun lalu yang sudah disampaikan oleh Bupati Blora kepada kepada Menteri PUPR dengan tembusan kepada K/L dan OPD terkait di tingkat pusat maupun provinsi termasuk salah satunya ke Dinas Pusdataru Provinsi Jateng.

"Dan akhirnya dari hasil koordinasi kami kemarin secara langsung ke Dinas Pusdataru Provinsi Jateng telah merespon usulan kami dengan rencana mengalokasikan anggaran untuk penyusunan Dokumen SID/DD Embung Karangjati pada tahun 2023," jelas Surat.

Kunjungan lapangan hari ini, dari jajaran staf Subkoordinator SID Bidang PPT Dinas Pusdataru Prov.Jateng dalam rangka untuk meninjau kelayakan lokasi dan data-data teknis yang diperlukan guna mendukung usulan anggaran untuk penyusunan dokumen SID/DD rencana Pembangunan Embung Karangjati Blora pada tahun 2023.

Harapannya, dokumen SID/DD embung Karangjati ini dapat terealisasi divtahun 2023, kemudian untuk konstruksinya dapat dianggarkan di tahun berikutnya mulai tahun 2024 dan seterusnya baik melalui Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat.

Mengingat rencana Pembangunan Embung Karangjati ini sudah masuk di Perpres nomor 79 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Kendal - Semarang - Salatiga - Demak - Grobongan, Kawasan Purworejo - Wonosobo - Magelang - Temanggung, dan Kawasan Brebes - Tegal - Pemalang.

"Dimana salah satu infrastruktur pembangunan embung di kawasan Banglor (Rembang-Blora) adalah Pembangunan Embung Karangjati Blora," ujar Surat.

Dengan sudah masuknya usulan pembangunan embung Karangjati ini di Perpres Nomor 79 tahun 2019 bisa dijadikan pijakan dasar hukum yang kuat bagi Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat untuk dapat segera merealisasikan pembangunannya yang sudah dinantikan oleh masyarakat Blora.

"Tentu saja, untuk mendukung program pemerintah pusat dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur penyediaan air irigasi untuk mendukung ketahanan pangan di Kabupataen Blora di tahun-tahun mendatang," tandasnya. (DPUPR/ADY/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Rapat Paripurna DPRD Blora perihal Penyampaian Ranperda tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Blora 2023

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar rapat paripurna dengan acara penyampai...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »