Sinau Bareng, Pemkab Blora dan Pemkot Tangsel Sepakat Jajaki Kerjasama

 


 

BLORA (SUARABARU.ID) - Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Rabu (01/12/2021) kemarin melaksanakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Banten.

 

Kunjungan ini dilakukan untuk melakukan penjajakan kerjasama pembangunan SDM, ekonomi dan pelayanan publik.

 

Hal ini diungkapkan Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., ketika dihubungi awak media, Kamis (02/12/2021), sepulang dari Tangerang Selatan.

 

“Iya, kemarin kita bersama Pak Asisten Pemerintahan dan Kesra, dan beberapa dinas terkait seperti Bappeda, dan Dindukcapil, melakukan kunjungan kerja ke Tangsel dan diterima oleh Wakil Walikota Tangsel, Mas Pilar Saga Ichsan,” ucap Bupati H. Arief.

 

Menurut Bupati, disana pihaknya melakukan beberapa diskusi untuk bersama - sama mengembangkan potensi daerah baik yang ada di Tangsel maupun di Blora agar bisa dikerjasamakan.

 

“Kita tahu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Tangsel sangat tinggi dengan skore 81,36, tertinggi di Provinsi Banten. Kemudian pelayanan administrasi kependudukannya juga bagus, sehingga kita belajar kesana,” ungkap Bupati Blora.

 

Yang mana lanjut Bupati, IPM ini dipengaruhi besar dari faktor pembangunan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.

 

“Selanjutnya kita ingin menjalin kerjasama pengembangan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM). Tangsel memiliki pangsa pasar dan jaringan perdagangan yang luas karena merupakan kota bisnis penyangga ibukota. Oleh karena itu kita ingin produk-produk UMKM kita bisa ikut dipasarkan kesana,” tandas Bupati.

 

Pihaknya juga menyatakan ketertarikannya dengan Universitas Pamulang (Unpam) yang ada di Kota Tangsel untuk menjalin kerjasama pembangunan pendidikan. Karena berdasarkan paparan Wakil Walikota Tangsel, perguruan tinggi ini memiliki banyak mahasiswa dengan biaya perkuliahan terjangkau sampai wisudanya dilaksanakan sebulan sekali.

 

“Kita juga tertarik akan menjalin kerjasama dengan Unpam, semakin banyak perguruan tinggi yang kerjasama dengan kita maka bisa mendukung terwujudnya program satu desa dua sarjana untuk peningkatan SDM Kabupaten Blora,” ungkap Bupati.

 

Sementara itu, terpisah, Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, sosok pimpinan muda millennial sekaligus seorang arsitek ini tertarik dengan potensi alam Blora dan pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang ada di Blora.

 

“Kami ini tidak punya hutan, tidak punya sawah, apalagi gunung. Laut juga tidak punya. Oleh sebab itu pembangunan SDM di Tangsel menjadi yang utama. Kita berharap dengan Blora nanti bisa menjalin kerjasama pengolahan potensi alamnya, seperti kayu jati, aneka kerajinan, hingga pengelolaan BLUD-nya. Kita juga siap terbuka memberikan ilmu pelayanan adminduk. InshaAllah akan kita sampaikan ke Pak Walikota yang juga teman Pak Bupati Blora, agar bisa dilakukan kunjungan balasan ke Blora,” jelas Pilar Saga Ichsan.

 

Menurut penjelasan Bupati H. Arief, acara kemudian dilanjutkan dengan dialog teknis tentang pelayanan BLUD, kesehatan, dan administrasi kependudukan. Kedua pimpinan daerah ini juga melakukan tukar menukar cinderamata berupa plakat. (ADY/Red)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Sejumlah Titik di Ruas Jalan Jepon-Bogorejo Blora Mulai Dibangun

  𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Sejumlah titik (enam titik) di ruas jalan Jepon-Karang-Bogorejo, yang merupakan jalan alternatif menuju wilayah J...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »