Peringkat Pertama SPBE, Blora Lakukan Studi Komparasi Ke Sumedang Jawa Barat

 


 

SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten Blora melakukan studi komparasi tentang penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang, Selasa (21/12/2021).

 

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Sumedang memiliki capaian indeks 3,81 dan menempati urutan pertama dari Kabupaten/Kota seluruh Indonesia untuk nilai indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

 

Kedatangan Bupati Blora H. Arief Rohman, S. IP, M.Si & Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM beserta rombongan diterima oleh Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST, MM, Sekretaris Daerah, dan Asisten di Gedung IPP Sumedang.

 

Bupati Arief Rohman beserta rombongan kemudian berdiskusi sekaligus menerima paparan dari Bupati Sumedang, kemudian dilanjutkan penandatanganan Kesepakatan Bersama di Ruangan Sumedang Command Center Lantai III Gedung IPP Sumedang.

 

“Saya menyampaikan terimakasih kepada senior saya, Kang Dony Bupati Sumedang, kita sudah melakukan MoU dan terima kasih sudah diberikan hibah untuk e-OFFICE dan e-SAKIP, ini akan kita aplikasikan di Blora,” ucap Bupati Arief Rohman

 

 “Semoga Blora bisa meniru Sumedang yang hebat mantap luar biasa terimakasih,” imbuhnya

 

Disampaikan Bupati, bahwa Pemkab Blora menghadirkan jajaran Kepala OPD untuk hadir melakukan studi komparasi di Sumedang, selain itu dari Blora turut mengikuti secara virtual.

 

“Kami bawa rombongan, ada 88 orang, Pak Bupati kami ini serius utuk belajar di Sumedang ini, dan juga di Blora juga secara zoom seluruh eselon III dan IV dan kepala desa kita minta untuk mengikuti kegiatan ini,” terangnya

 

Bupati mengungkapkan bahwa Kabupaten Sumedang memiliki banyak inovasi dan prestasi, yang nantinya dapat untuk ditiru dan diterapkan di Kabupaten Blora.

 

“Beberapa waktu lalu kita sudah pernah diskusi dengan Pak Bupati tentang inovasi terkait mengatasi kemiskinan di Sumedang,” ungkapnya

 

“Ini bagus, termasuk stunting kita harus belajar dari sini bagaimana stunting di Sumedang ini penurunannya sangat luar biasa,” tambahnya

 

Adapun dua kesepakatan bersama yang ditandatangani kedua Bupati dalam kesempatan tersebut antara lain kesepakatan kerjasama antara Pemerintah daerah Kabupaten Blora dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang tentang kerjasama pembangunan dan pengembangan potensi daerah.

 

Kemudian, penandatanganan perjanjian hibah antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dan Pemerintah Daerah Kabupaten Blora tentang aplikasi e-OFFICE dan e-SAKIP.

 

Bupati Sumedang dan Bupati Blora turut menyaksikan penandatanganan perjanjian Kerjasama antara Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Persandian dan Statistik Kab. Sumedang dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Blora tentang implementasi aplikasi sistem pemerintahan berbasis elektronik Di Pemda Kab Blora.

 

Bupati Sumedang menyambut baik adanya studi dan Kerjasama yang dilakukan Pemda Kabupaten Blora dengan Pemda Kabupaten Sumedang.


 

“Selamat datang terimakasih atas kehadirannya, mudah mudahan dengan silaturahim kita bisa lebih merekatkan hubungan antara Pemda Blora dengan Pemda Sumedang,” ucapnya

 

Pihaknya juga memaparkan bahwa Sumedang memiliki capaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang baik.

 

“Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik kami, 3,81 nomor satu di nasional,” paparnya

 

Bupati Dony menjelaskan, dengan adanya berbagai inovasi dan command center ini salah satunya adalah untuk dipergunakan dalam pengambilan kebijakan.

 

“Kami buat command center ini, karena data yang baik, good data, good decision, and good result. Data yang baik akan menghasilkan keputusan yang baik dan hasil yang baik,” terangnya

 

Disampaikannya, command center yang dimilikinya berbeda dengan daerah-daerah lainnya, command center yang dimiliki Sumedang difokuskan untuk menjadi big data.

 

“Kalau command center di beberapa tempat biasanya sebuah CCTV dimana-mana, kalau kami benar-benar jadi big data.  Hakikat command center data jadi referensi kami untuk mengambil kebijakan,” imbuh Bupati Sumedang

 

Pada kesempatan tersebut dilakukan pemaparan terkait e-OFFICE dan e-SAKIP oleh Bupati Sumedang dan dilanjutkan diskusi dan tanya jawab.

 

Sebagai informasi, Command Center yang dimiliki Sumedang ini memiliki banyak fitur. Selain kamera pengawas lalu lintas dan keamanan kota (CCTV), berbagai sistem informasi juga terintegrasi seperti aplikasi e-office, penilaian pegawai, sistem penanggulangan stunting, perizinan, pariwisata, dan lain-lain tersedia di Sumedang Command Center.

 

Diharapkan melalui penerapan SPBE dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

 

Hadir mendampingi Bupati Blora, Sekretaris Daerah Kab. Blora, Asisten I dan II Sekda Blora, Inspektur Daerah, Kepala Bappeda, Kepala BKD, dan Kepala OPD terkait. (Redaksi)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Wakil Ketua DPRD Blora Hadiri Temu Petani Tebu Blora dengan Pendiri Pabrik Gula Rembang

BLORA — Dalam acara temu kangen, seorang pengusaha Kamajaya yang dulu membidani Pabrik Gula (PG) Blora bertemu dan berdialog de...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »