Blora Berkunjung ke Aceh, Percepatan Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Pocut Meurah Intan Menguat


 
ACEH –  Luar biasa hasil kunjungan Bupati Blora dan Wakil, Arief Rohman - Tri Yuli Setyowati, Sekda Komang Gede Irawadi, dan beberapa OPD terkait ke Aceh selama dua hari Selasa (14/6/2022) hingga Rabu.
 
Salah satunya, semakin menguatnya  upaya percepatan pengusulan gelar pahlawan nasional dan pemuliaan makam Pocut Meurah Intan yang ada di  Blora. Selain itu juga terlaksana kerjasama antara Aceh dan Blora di bidang pembangunan bidang pariwisata dan kebudayaan.
 
Menurut Bupati H. Arief,  dalam kunjungannya, rombongan dari Blora sempat diajak berdiskusi dengan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah banyak hal. Salah satunya tentang upaya percepatan pengusulan gelar pahlawan nasional dan pemuliaan makam Pocut Meurah Intan yang ada di Kabupaten Blora
 
Ditandaskan Mas Arief, panggilan akrab Bupati Blora, Aceh dan Blora memiliki hubungan erat dengan adanya Pocut Meurah Intan, sosok pejuang kemerdekaan asal Aceh yang makamnya ada di Blora.
 
Untuk itu, InshaAllah Pemprov Aceh dan Pemkab Blora sepakat untuk bersama sama memuliakan makamnya, sekaligus mengusulkan ke Pemerintah Pusat menjadi Pahlawan Nasional.  “ Kita juga telah menemukan makam anaknya,’’ tandas  Bupati.
 
Mungkin,  lanjutnya,  nanti makam anaknya itu  bisa diupayakan untuk dijadikan satu komplek, atau bagaimana. Yang jelas saat ini Tim khusus telah terbentuk dari lintas OPD. Harapannya ke depan Makam Pocut bisa menjadi daya tarik wisata religi di Kabupaten Blora.
 
Apalagi, demikian Arief Rohman, sering warga Aceh berziarah ke Blora. Mohon doanya semoga niat baik tersebut  diberikan kelancaran. Blora juga akan intens  berkomunikasi dengan Pemprov Jateng agar ikut mengawal.

 
"Setelah Pocut Meurah Intan, InshaAllah ke depan hal yang sama, usulan menjadi pahlawan nasional  juga akan kita upayakan untuk Mbah Samin Surosentiko yang makamnya ada di Sawahlunto, Sumatera Barat," tambah Bupati.
 
Mengapresiasi Pemkab Blora
 
Sementara itu, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyambut baik dukungan Pemkab Blora dalam upaya pemuliaan makam Pocut Meurah Intan yang merupakan tokoh pejuang perempuan dari bumi Serambi Mekah itu.
 
"Terimakasih Pak Bupati dan rombongan yang telah hadir ke Aceh. Dengan adanya perjanjian kerjasama ini, InshaAllah kita dari Aceh akan siap membantu pembangunan komplek makam Pocut Meurah Intan,’’ papar Gubernur  Nova Iriansyah.
 
Dikatakan, Aceh sangat mendukung dan mengapresiasi langkah Pemkab Blora yang telah konsisten untuk mengusulkan gelar pahlawan bagi Pocut.  “ Dengan pengalaman pengajuan gelar pahlawan bagi Malahayati, kita yakin nanti pengusulan gelar pahlawan bagi Pocut juga bisa kita usahakan bersama, semoga berhasil," ungkap Nova.
 
Tampak hadir dalam kesempatan itu, Sekda Aceh, Taqwallah; Asisten Adm Umum, Dr. Iskandar AP; Kadisbudpar Jamaludin; Kepala Biro Adpim Muhammad Iswanto, Kepala Biro Umum,  T Adi Darma, dan sejumlah OPD terkait lainnya.
 
Saat di Aceh, Bupati Blora dan rombongan sempat  diajak Disbudpar Aceh ke Museum Tsunami, Makam Pahlawan Nasional Sultan Iskandar Muda, dan Makam Syiah Kuala.
 
Bupati Arief mengucapkan terimakasih atas sambutan selama dirinya bersama rombongan berkunjung ke Aceh.
 
"Alhamdulillah persaudaraan Aceh - Blora kali ini semakin hangat. Setelah beberapa bulan lalu Pak Gubernur Aceh hadir ke Blora, kemudian pekan lalu DPRA Aceh ke Blora, kini kita dapat hadir ke Aceh. Maturnuwun, terimakasih Pak Gubernur Aceh Nova Iriansyah atas penerimaannya yang luar biasa selama dua hari kemarin," ucap Bupati Arief, Rabu (15/6/2022).  (Prokompim/ADY/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Sejumlah Titik di Ruas Jalan Jepon-Bogorejo Blora Mulai Dibangun

  𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Sejumlah titik (enam titik) di ruas jalan Jepon-Karang-Bogorejo, yang merupakan jalan alternatif menuju wilayah J...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »