BUPATI BLORA LOUNCHING APLIKASI PUBLIC SAFETY CENTER 119

Lounching Aplikasi PSC 119

Blora,- Bupati Blora DJoko Nugroho lounching Aplikasi Public Safety Center (PSC) 119. Acara louncing dilaksanakan di ruang pertemuan Sekretaris Daerah (Sekda) di saksikan Forkompinda, Forkompincam, dan sejumlah pejabat OPD di Kabupaten Blora. Selasa 02 Juli 2019.

Sebelumnya Aplikasi PSC 199 diperkenalkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sugiyono sebagai Dinas yang menangani Ilmu Tehnologi (IT) di Kabupaten Blora. Sugiyono menyebutkan dirinya sebagai pelayan IT semua OPD di Kabupaten Blora.

"Saya selaku pelayan IT ,ingin mengenalkan Aplikasi tanggap darurat sebagi bentuk pelayanan korban/pasien gawat darurat," Ucap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora.

Aplikasi ini memiliki fungsi semua untuk pelayanan korban/pasien gawat darurat, juga sebagai pemandu pertolongan pertama (Firs Aid), pengevakuasi korban/pasien gawat darurat serta pengoordinasi dengan fasilitas kesehatan.

Petugas juga tidak perlu mencatat secara manual, tinggal mencetak (print) ke kertas  saja karena semua data terrekam secara riel di aplikasi tersebut. Selain petugas, masyarakat juga bisa melihat informasi secara riel juga, semua  informasi kedatangan mobil ambulan, kepolisian dan semua instansi terkait yang tersambung di aplikasi tersebut.

Kokok panggilan akrab Djoko Nugroho Bupati Blora, mengapresiasi Aplikasi PSC 119 yang bisa di akses di google play store, karena aplikasi ini berbasis android. Djoko Nugroho mengatakan aplikasi bisa di tiru oleh OPD lain untuk memberikan informasi ke maysarakat secara riel dan transparan.

"Bagus ini, Polisi dan TNI juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk demontrasi jika darurat," jelas Kokok.

Operator center PSC ini berada di Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, ada 9 orang  petugas yang standby 24 jam siap melayani masyarakat jika ada yang mengklik aplikasi tersebut.

"Ada 9 petugas yang standby 24 jam di Dinas Kesehatan, 26 puskesmas siap siaga menangani jika ada panggilan dari masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan secara darurat," jelas Lilik panggilan akrab Sekretaris dinas Kesehatan .

Aplikasi ini bukan hanya malayani kesehatan saja, bisa juga kejadian  kebakaran, tenggelam, kecelakaan, karena aplikasi ini terhubung di Dinas-dinas terkait seperti BPBD, Satpol PP, Kepolisian. Sehingga masyarakat tinggal download di Google Play Store Samin Tanggap 119 . (HR/RED)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »