KPH BLORA BANTU PASANG BARU LISTRIK MASYARAKAT DEKAT HUTAN

KPH Blora Bantu Pasang Baru Listrik Pada 10 rumah
Lokasi di Dukuh Kalijalin Desa Wotbakah, Kecamatan Japah

Blora,- Program Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hadir Untuk Negri (BHUN) tahun 2018 Perhutani KPH Blora telah dilakukan, dengan cara pemasangan  sambungan listrik bagi warga desa sekitar hutan sebanyak 10 rumah yang berlokasi di Dukuh Kalijalin Desa Wotbakah, Kecamatan Japah Kabupaten Blora.

Sebanyak 10 rumah warga di dukuh Kalijalin Desa Wotbakah, Kecamatan Japah Blora telah menerima bantuan pasang baru penyambungan aliran listrik yang dilakukan oleh Perhutani KPH Blora, hal tersebut dilakukan dalam rangka program BHUN 2018 yang dalam pelaksanaannya ditujukan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bantuan sarana dan prasana kehidupan yang ada disekitar unit kerja masing masing.

Pada kesempatan tersebut Administratur Perhutani KPH Blora melalui Wakil Administratur KPH Blora Anthonie A Tandayu mengatakan  Bantuan ini merupakan rangkaian program BHUN yang beranggotakan 4 BUMN , dimana untuk Perhutani KPH Blora di manfaatkan untuk Bedah rumah, pembuatan 2 unit sumur bor beserta instalasinya yang berada di Desa Klopoduwur kecamatan Banjarejo serta Desa Gondoriyo Kecamatan Todanan dimana pada lokasi kedua desa tersebut.

“Selama ini kami pantau selalu mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi warganya,” jelas Administratur Perhutani KPH Blora.

Sedangkan untuk desa Wotbakah kecamatan japah lanjutnya, Program BHUN tersebut dialokasikan dengan memberikan bantuan pemasangan jaringan listrik ke 10 rumah warga desa yang belum terjangkau listrik kata Anthonie.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dengan adanya bantuan pemasangan listrik ini Perhutani berharap agar masyarakat sekitar hutan ikut merasa  handarbeni  kawasan hutan yang ada disekitar lingkungannya.

“Karena hutan yang lestari akan bermanfaat sekali bagi kehidupan umat manusia secara keseluruhan,” tambahnya.

Perlu diketahui, dalam upaya ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan Perhutani bersama dengan masyarakat juga melakukan kerjasama kemitraan dengan sistim Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) yang saat ini dipandang sistim tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan.

Upaya lain Perhutani KPH Blora untuk ikut meningkatkan perekonomian mikro di pedesaan adalah melalui Progran PKBL yang sudah berjalan beberapa puluh tahun lalu.

“PKBL dilakukan dengan tujuan agar para pelaku usaha kecil dan menengah bisa mempunyai daya saing dan daya usaha yang lebih kuat dengan suntikan bantuan pinjaman PKBL tersebut,” pungkas Wakil Administratur KPH Blora. (Heripur/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »