BERHENTILAH JADI PSK BIAR TIDAK TERKENA HIV-AIDS

Pemeriksaan Kesehatan Dan Penyuluhan Kamtibmas
Terhadap PSK Di Lokalisasi Cumpleng

Blora,- Kepolisian Sektor (Polsek) Todanan Polres Blora mendampingi Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada sebanyak 19 para pekerja seks komersial (PSK) di lokalisasi Cumpleng Desa Todanan, Kecamatan Todanan, Blora, Rabu (12/09/2018) pagi.

Kepala Dinas Kesehatan Kecamatan Todanan, Adminingsih A. M. Kes, mengatakan pemeriksaan kesehatan terhadap para PSK di Todanan ini dilakukan hampir setiap bulan. Langkah ini sebagai bentuk upaya pencegahan mewabahnya penyakit kelamin dan virus HIV/AIDS yang sangat rentan bagi warga yang ada di lokalisasi Cumpleng dan sekitarnya.

“Tahap pemeriksaan awal yang dilakukan oleh Tim Medis Puskesmas meliputi Tes darah dan Tes kesehatan kelamin. Jika ada yang terindikasi virus HIV/AIDS secepatnya kami beri tahu dan memberi rujukan untuk berobat ke rumah sakit,” terangnya.

Menurutnya, untuk memantau para Pekerja Sek Komersial terhadap kesehatan para penghuninya maka pihak Dinas Kesehatan Todanan secara rutin melakukan pendekatan personal di lokalisasi cumpleng.

“Alhamdulillah dengan pendekatan ini mereka sangat antusias untuk tahu, dan mau diperiksa kesehatanya,” kata Adminingsih.

Selain menjalani tes kesehatan, para pekerja seks juga mendapatkan penyuluhan tentang kamtibmas dan narkoba yang disampaikan oleh Kasi Humas Polsek Todanan Aiptu Manijo. Dalam kegiatan penyuluhan tersebut para warga lokalisasi Cumpleng diharapkan selalu untuk tetap menjaga situasi kamtibmas.

Anggota Polisi Polsek Todanan itu, Mengingatkan warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap lingkungannya agar terhindar dari bahaya narkoba. Serta apabila terjadi gangguan kamtibmas diharapkan segera malaporkan ke Polsek Todanan agar segera ditangani.

Sementara itu, Kapolsek Todanan Polres Blora AKP Siswanto, S.sos saat Dikonfirmasi mengatakan, bahwasannya Polsek sangat mendukung sekali kegiatan pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan semacam ini, semoga banyak manfaatnya karena sebagian besar masyarakat merasa awam tentang tanda-tanda seseorang yang terjangkit penyakit HIV/AIDS.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi seperti ini, para penguni lokalisasi agar selalu memantau kesehatannya dan segera berhenti bekerja sebagai PSK supaya terhindar dari bahaya HIV Aids,” tegas AKP Siswanto. (JW/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Sejumlah Titik di Ruas Jalan Jepon-Bogorejo Blora Mulai Dibangun

  𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Sejumlah titik (enam titik) di ruas jalan Jepon-Karang-Bogorejo, yang merupakan jalan alternatif menuju wilayah J...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »