Cara Merawat Senar Gitar Anda Supaya Awet


Senar Gitar Awet

Senar adalah bagian penting pada gitar. Sebuah gitar tidak bisa dimainkan tanpa adanya senar. Namun, senar gitar dapat kotor dengan mudah dan cepat sehingga mengurangi masa gunanya dan kualitas musik yang dihasilkan.

Anda bisa menjaga kondisi senar gitar tetap optimal dan awet (tidak cepat rusak) dengan mengetahui kapan waktunya membersihkan senar, membuang kotoran, dan melumasi senar.

Membuang kotoran dari senar

Siapkan kain lap dan larutan pembersih. Sebagian orang lebih suka menggunakan tisu dapur, kain mikrofiber, atau handuk kering yang dilipat delapan. Anda juga bisa menggunakan popok katun bersih. Semua produk kain atau kertas bisa digunakan, Anda hanya perlu memastikan kondisinya bersih, kering, dan cukup lembut.

Alih-alih mengaplikasikannya langsung ke senar, semprotkan produk pembersih ke kain lap terlebih dahulu supaya senar tidak terurai. Hal ini akan mencegah Anda memakai terlalu banyak produk pembersih dan membuatnya sulit dibersihkan.

Untuk senar gitar nilon, sebaiknya pakai handuk yang kering atau sedikit lembap oleh air. Untuk senar gitar elektrik yang berbahan baja atau nickel, coba cari pembersih senar khusus seperti Fast-Fret String Cleaner, Dunlop Ultraglide, Dr.Stringfellow, dan semacamnya.

Namun, produk ini tidak diwajibkan jika Anda tidak mampu membelinya. Alkohol gosok 70%-90% dan gel cukur juga bisa dipakai.

Penting untuk memastikan kebersihan kedua sisi senar gitar. Jangan khawatir jika kepala senar terangkat dari tunggangannya, bahkan jika tuning peg sedikit tersenggol, Anda bisa menyetem ulang gitar.

Anda mungkin menyadari bahwa senar gitar agak berubah, atau ada corengan abu-abu di kain. Inilah pertanda pekerjaan telah menunjukkan hasil.

Melumasi senar

Tentukan bahan senar. Senar nilon tidak perlu dilumasi karena sudah antikorosi. Namun, jika pada senar gitar listrik, sebaiknya gunakan pelumas untuk mencegah senar terasa lengket, kotor, dan terkorosi. Anda bisa mengetahui bahan senar dengan mengecek kemasan produk.

Jika kemasan senar sudah tidak ada, tentukan bahan senar berdasarkan jenis gitar dan genre musik yang dimainkan. Gitar akustik dan flamenco berfokus pada musik klasik dan folk sehingga biasanya bersenar nilon. Gitar listrik dan bass untuk memainkan musik blues, country, rok, dan pop biasanya bersenar baja.

Lumuri pelumas pada kain. Anda bisa menggunakan kain lap yang digunakan untuk membersihkan kotoran dengan membalik kain dan memakai sisi bersihnya. Apabila kotoran dan minyak di kain terlalu banyak sehingga tampaknya menembus kain, pakai kain baru untuk melumasi senar. Pilihlah pelumas yang tidak mengandung petrolatum saat merawat gitar; zat ini memiliki khasiat penembus yang bisa merusak gitar seiring waktu.

Dunlop Lemon Oil, Tone Finger-Ease String Lubricant, atau GHS Fast Fret adalah produk pelumas komersil khusus untuk gitar. Jika Anda menginginkan pelumas dengan harga terjangkau dan mudah diperoleh, pakailah minyak zaitun, baby oil, atau Vaseline. Jangan pernah melumuri pelumas langsung ke senar karena minyak berlebih bisa mengotori fretboard dan sulit dibersihkan.

Menentukan waktu membersihkan senar

Bersihkan setelah setiap sesi. Kulit Anda menghasilkan minyak alami yang bercampur dengan debu dan kotoran dari lingkungan menjadi kotoran berminyak yang bisa menempel di senar gitar.  Mungkin endapan kotoran tidak tampak di senar gitar, tetapi bukan berarti senar gitar Anda bersih. Kotoran menyebabkan tekanan ekstra pada senar sehingga menjadi lebih kusam. Bersihkanlah senar gitar secara teratur untuk melambatkan proses oksidasi yang memecah bahan di senar gitar.

Bersihkan selama sesi. Sebaiknya bersihkan senar selama sesi bermain gitar, terutama jika Anda bermain di lingkungan yang panas, lembap, atau berdebu, di bawah lampu yang membuat berkeringat, atau selama eksibisi sehingga Anda merasa gugup dan berkeringat deras. Ketika sudah waktunya istirahat sebelum memainkan lagu berikutnya, terutama untuk mengambil partitur musik atau air minum, luangkan sebentar untuk membersihkan senar.

Bersihkan sebelum sesi. Bersihkanlah senar gitar sebelum digunakan, terutama jika gitar dibiarkan berada di udara terbuka dan sudah lama tidak dimainkan. Hal ini memastikan semua debu dan kotoran yang berdiam dari udara sudah bersih dari senar, serta mencegah keringat dan minyak alami tubuh bercampur dengan partikel kotoran. Jaga kesehatan, jangan lupa bahagia, salam segerwaras. (Source: Hawa DS).
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »