BIMBINGAN TEKNIS PPDP SERENTAK SE KABUPATEN BLORA

Bimbingan Teknis PPDP Kecamatan Kunduran
Blora,- Sebelum memulai tugasnya pada 20 Januari 2018, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mendapatkan Bimbingan Teknis (Bimtek) terlebih dahulu di masing-masing wilayah. Bimbingan Teknis PPDP menyangkut prosedur dan tata cara teknis Pencocokan dan Penelitian (Coklit) daftar pemilih yang akan digunakan dalam Pemilihan Gubernur dan Gubernur Jawa Tengah 27 Juni yang akan datang. Bimtek PPDP ini diselenggarakan oleh PPS yang dalam teknis pelaksanaannya dapat dilakukan oleh PPS secara mandiri, tetapi juga dapat dilakukan secara gabungan dari beberapa desa/kel. Adapun Coklit sendiri merupakan bagian dan proses awal dari tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora Arifin SAg mengatakan bahwa Bimbingan Teknis PPDP di Kabupaten Blora dilakukan secara serentak pada hari Rabu (17/01/2018) di seluruh wilayah Kabupaten Blora. Dari sisi waktu, bimtek ini rata-rata dilaksanakan dalam dua sessi, yaitu pagi dan siang. Secara teknis dilaksanakan secara beragam oleh PPS, ada yang dilaksanakan dalam beberapa zona dalam satu kecamatan dimana zona tersebut terdiri dari beberapa desa/kelurahan terdekat. Adapula yang bimteknya dilaksanakan tersentral di tingkat kecamatan.
Dalam kegiatan Bimtek PPDP ini disampaikan beberapa hal menyangkut Jadwal dan tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, Pengenalan jenis formulir yang digunakan, Mekanisme Coklit PPDP dan Gerakan Coklit Serentak. “Dalam Bimtek ini pula dilakukan simulasi tata cara Pengisian formulir yang akan digunakan oleh PPDP. Selain itu, disampaikan juga terkait bagaimana monitoring terhadap kinerja PPDP ini akan dilakukan,” jelas Arifin SAg.
Disamping pelaksanaan Bimtek PPDP yang digelar secara serentak, KPU RI juga mengagendakan beberapa kegiatan lain dalam Pemutakhiran Daftar Pemilih yang juga dilakukan secara serentak skala nasional. Beberapa kegiatan tersebut adalah :
1.      KPU Mencoklit Serentak
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Hari Sabtu 20 Januari 2018 yang menjadi penanda dimulainya proses Pencocokan dan Penelitian Daftar Pemilih Pilkada Serentak.
2.      Kunjungan Coklit KPU Provinsi
KPU Provinsi akan turun ke lapangan secara langsung guna memantau pelaksanaan Coklit yang dilakukan PPDP. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 15 hari setelah coklit berjalan.
3.      Uji Publik Serentak

Hasil dari Coklit yang dilakukan oleh PPDP akan diolah dan disusun menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang kemudian akan ditetapkan. Setelah DPS ditetapkan maka akan dilakukan Uji Publik terhadap DPS yang akan dilaksanakan secara serentak pada 25 Maret 2015. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »