USULAN PENATAAN DAPIL DPRD KABUPATEN DARI KPU BLORA UNTUK PEMILU 2019

Usulan Perubahan Dapil Di Kabupaten Blora Pemilu 2019
Blora,- Setelah melalui beberapa proses tahapan Penyusunan dan Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, akhirnya Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Blora mengusulkan 2 (dua) rancangan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi untuk DPRD Kabupaten di Pemilihan Umum tahun 2019. Berdasarkan PKPU No. 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 diatur bahwa penyampaian dan pencermatan usulan Dapil DPRD Kabupaten/Kota kepada publik dilaksanakan pada 19–25 Januari 2019.
Sesuai SK KPU Nomor 13/PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang Jumlah Penduduk Kabupaten/Kota dan Jumlah Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum tahun 2019, Jumlah Penduduk di Kabupaten Blora sebanyak 893.940 jiwa, sehingga pada Pemilu 2019 jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten Blora masih sejumlah 45 (empat puluh lima) kursi.
Adapun usulan Penataan Dapil dari KPU Blora yang pertama masih mengacu pada Daerah Pemilihan yang lama, yaitu Daerah Pemilihan di Pemilu 2014, sebanyak 5 (Lima) Dapil yang terdiri dari Dapil Blora 1 (Jiken, Jepon, Blora dan Bogorejo) sebanyak 11 (sebelas) kursi, Dapil Blora 2 (Kedungtuban, Cepu dan Sambong) sebanyak 8 (delapan) kursi, Dapil Blora 3 (Jati, Randublatung dan Kradenan) sebanyak 8 (delapan) kursi, Dapil Blora 4 (Kunduran, Todanan dan Japah) sebanyak 9 (Sembilan) kursi serta Dapil Blora 5 (Tunjungan, Banjarejo, dan Ngawen) sebanyak 9 (Sembilan) kursi.
Sedangkan Usulan yang kedua sebanyak 6 (Enam) Dapil yang terdiri dari Dapil Blora 1 (Blora dan Tunjungan) sebanyak 7 (tujuh) kursi, Dapil Blora 2 (Jiken, Jepon, dan Bogorejo) sebanyak 6 (enam) kursi, Dapil Blora 3 (Kedungtuban, Cepu dan Sambong) sebanyak 8 (delapan) kursi, Dapil Blora 4 (Jati, Randublatung dan Kradenan) sebanyak 9 (sembilan) kursi, Dapil Blora 5 (Kunduran, Todanan dan Japah) sebanyak 9 (Sembilan) kursi serta Dapil Blora 6 (Banjarejo, dan Ngawen) sebanyak 6 (Enam) kursi.
Untuk selanjutnya KPU Kabupaten Blora dalam waktu dekat akan mengadakan Uji Publik tentang usulan penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi kursi DPRD tersebut.

“Dimana uji publik tersebut akan menyerap segala masukan dan tanggapan terhadap usulan Dapil dan Alokasi kursi DRPD Kabupaten Blora sebelum diserahkan ke KPU RI untuk ditetapkan” pungkas Ketua KPU Blora Arifin SAg. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »