COKLIT SERENTAK DI KABUPATEN BLORA SUKSES

Coklit Tokoh Samin Di Kecamatan Sambong
Blora,- Hari Pertama Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Daftar Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah pada hari ini (20/1) di Kabupaten Blora menyasar para pejabat dan tokoh masyarakat. Hari pertama coklit ini dicanangkan oleh KPU RI sebagai Gerakan Coklit Serentak Pilkada 2018 secara nasional dimana seluruh Petugas Pemukhiran Data Pemilih (PPDP) terjun serentak untuk mendatangi minimal 5 rumah. Dalam Coklit Serentak PPDP didampingi oleh penyelenggara Pemilihan mulai dari KPU RI hingga PPS.
Gerakan Coklit Serentak di Kabupaten Blora dimanfaatkan betul oleh PPDP untuk mengunjungi rumah para tokoh di wilayah kerja masing-masing. Para tokoh yang dikunjungi oleh PPDP diantaranya terdiri dari para pejabat Pemerintahan Kab. Blora, tokoh masyarakat, tokoh agama, komunitas adat dan tak ketinggalan komunitas diffable. Dari para Pejabat Pemerintahan diantaranya terdapat Bupati Blora H. Djoko Nugroho, Ketua DPRD Blora Ir. Bambang Susilo dan beberapa anggota DPRD Blora. Sedangkan dari unsur tokoh masyarakat atau tokoh agama terdapat Ketua Yayasan Mahameru Gatot Pranoto, ST, para ketua organisasi keagamaan seperti Ketua PCNU H. Aunurrofiq, SE., M.Si, Ketua PD Muhammadiyah H. Ngastoyo, S.Pd.I.
Sementara itu, untuk komunitas adat PPDP mengunjungi para sesepuh sedulur sikep yang ada di Desa Sambongrejo Kec. Sambong Mbah Pramugi, di Desa Klopoduwur Kec. Banjarejo Mbah Lasiyo dan di Desa Sumber Kec. Kradenan Mbah Kasbi. Untuk komunitas diffable PPDP mengunjungi Ketua Komunitas Maghfur di Desa Plosorejo Kec. Banjarejo. Dengan mengunjungi para tokoh dalam Coklit Serentak ini diharapkan gema coklit dalam pemutakhiran daftar pemilih Pilkada Serentak Tahun 2018 akan semakin meluas,” jelas Ketua KPU Kabupaten Blora Arifin SAg.

Adapun coklit sendiri akan berlangsung selama 30 hari mulai tanggal 20 Januari hingga 18 Februari 2018. Coklit dilakukan dengan cara PPDP berkunjung ke rumah-rumah untuk mencocokkan data pemilih yang ada dalam daftar pemilih dengan kenyataan yang ada baik secara administratif maupun faktual. Guna memperlancar proses coklit pada setiap rumah tangga, diharapkan masyarakat bisa menyiapkan dokumennya berupa KTP elektronik/Surat Keterangan Disdukcapil dan Kartu Keluarga. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »