Wakil Ketua DPRD Blora Hadiri Pawai Kirab Piala Adipura 2023


BLORA —  Rasa syukur Blora raih penghargaan anugerah Adipura Kota Kecil terbersih tahun 2024, Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Blora bersama penyapu jalan (petugas kebersihan) kirabkan piala adipura keliling Alun-alun Blora dan menyusuri ke jalan protokol. Minggu,  (10/3/2024).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora Mustopa S.Pd.I hadir dalam acara Pawai Kirab Piala Adipura 2023. Minggu, 10 Maret 2024 di Alun-alun Blora,  sebelum kirab dimulai didahului dengan acara senam bersama.
 
Rute kirab piala Adipura tersebut, dimulai dari Alun-alun kemudian Jalan Pemuda - Jalan Tentara Pelajar - Jalan dr Sutomo - Jalan RA Kartini - finish kembali ke Alun-alun.
 
Bupati Blora, H. Arief Rohman menyampaikan bahwa kirab piala adipura dilakukan sebagai bentuk ekspresi Blora bisa meraih penghargaan tersebut.
 
"Kita mensyukuri bersama para penyapu jalan dengan melakukan kirab keliling jalan protokol disertai tampilan kesenian barongan. Ini ekspresi kita, syukur kita, bahagia kita. Masyarakat kita rayakan perolehan Adipura yang kedua ini," ucap Bupati Blora. 

Bupati Blora mengatakan akan terus melakukan inovasi agar bisa mendapat penghargaan Adipura Kencana. Salah satunya adalah menyiapkan Ruang Terbuka Hijau.

"Termasuk penataan ruang terbuka hijau, bagaimana masyarakat punya ruang berinteraksi dengan suasana yang sejuk dan yang sehat," jelas Bupati Blora.
 
Lebih lanjut, Bupati Blora 
menjelaskanbahwa untuk mendapat penghargaan Adipura Kencana tidaklah mudah. Adipura Kencana sendiri merupakan penghargaan tertinggi bagi kabupaten/kota di Indonesia yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup. Terutama dalam bidang persampahan, kebersihan dan ruang terbuka hijau yang inovatif serta berkelanjutan.
 
Berbagai Kriteria
 
"Untuk mendapatkan Adipura Kencana, selain mampu menyelesaikan berbagai isu lingkungan hidup seperti pengelolaan sampah, pengendalian pencemaran dan ruang terbuka hijau (RTH), tapi juga berinovasi di bidang pengelolaan sampah dan RTH," ujar Bupati Blora.

Bupati Blora mengungkapkan bahwa saat ini sedang menyusun peraturan Bupati yang menyangkut pengelolaan sampah. Ia juga melakukan inovasi lain bagaimana sampah bisa menjadi emas.

 
"Melalui Pegadaian biar sampah bisa jadi emas. Ini salah satu terobosan kita untuk penanggulangan sampah yang ada di Blora. Beban sampah harus kita antisipasi," ungkap Bupati Blora.
 
Dia berharap Pemkab Blora di bawah kepemimpinannya mampu menaikkan honor bagi para penyapu, yang saat ini sedang dalam kajian Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Setda Kabupaten Blora.
 
"Honor saya minta ke Pak Sekda, TAPD biar mengkaji, karena nanti kita sesuaikan dengan beban anggaran sebagai bentuk apresiasi. Kita coba naikkan, soal nilainya berapa nanti kita lihat kemampuan anggaran," ucap Bupati Blora. 

Diketahui, Blora telah meraih penghargaan Anugerah Adipura 2023 kategori Kota Kecil Terbersih. Anugerah tersebut diserahkan oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup,  Alue Dohong kepada Bupati Blora Arief Rohman di Auditorium Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabhakti KLHK Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024) lalu.
 
"Kita harus tetap menjaga bagaimana Blora kotanya bersih. Yang terpenting sampah. Faktor pengelolaan sampah, TPA, terus kemudian bank sampah nanti kita terus galakkan," terang Arief.
 
Dikatakan, Blora telah berhasil mendapat penghargaan adipura dengan bersaing kota/kabupaten seluruh Indonesia. Setidaknya Blora telah mendapat penghargaan Anugerah Adipura Kota Kecil Terbersih dua kali beruntun, yaitu tahun 2022 dan tahun 2023.

Termasuk juga mampu membuat sistem pengendalian dampak perubahan iklim, pemanfaatan energi baru terbarukan, serta penurunan ketimpangan ekonomi dan sosial berbasis pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam.
 
Kriteria lain sebagai penilaian yakni kabupaten/kota yang dinominasikan meraih Anugerah Adipura Kencana juga harus telah meraih Anugerah Adipura sebelumnya minimal tiga kali berturut-turut. Sementara Blora baru mendapat penghargaan adipura 2 kali beruntun.
 
"Target kita Adipura Kencana, setelah tiga kali baru nanti kita bisa mendapatkan penghargaan Adipura Kencana itu. Ini penting untuk menjaga lingkungan kita. Biar Blora ijo royo-royo," jelas Bupati Blora. (Redaksi)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »