Ketua DPRD Apresiasi Musrenbang Keren Blora Libatkan Kelompok Rentan


Ketua DPRD Kabupaten Blora HM Dasum. Foto: Istimewa.

BLORA — Terselenggaranya musyawarah rencana pembangunan perempuan dan kelompok rentan (Musrenbang Keren) di Blora mendapatkan apresiasi dari sejumlah pihak. Di antaranya datang dari DPRD Kabupaten Blora. Senin, (18/3/2024).

Ketua DPRD Kabupaten Blora HM Dasum menyambut baik diselenggarakannya acara Musrenbang tersebut. Sehingga, dapat terjalin komunikasi yang intensif dalam mengakomodasi kepentingan perempuan, anak, dan disabilitas.

’’Sebagai mitra kerja pemerintah daerah, kami mengharapkan agar Musrenbang Keren ini betul-betul suatu kesempatan untuk mengomunikasikan perencanaan yang bersifat strategis. Sehingga, dalam pengaplikasiannya betul-betul menyentuh problem dan kebutuhan,” katanya.

Pihaknya berharap, usulan-usulan yang lahir dari proses musrenbang nantinya bisa menyelesaikan isu-isu mendasar. Di antaranya isu pencegahan kekerasan pada perempuan dan anak. ’’Termasuk menurunkan angka pengangguran usia produktif. Pemenuhan infrastruktur ramah anak, difabel, dan lansia. Serta, pencegahan pernikahan dini hingga stunting,” tambahnya.

Selain itu, menurutnya, yang saat ini juga menjadi sorotan pihaknya adalah persoalan kesehatan mental remaja. Kemudian degradasi moral di era digital. ’’Misalnya perilaku yang megarah budaya luar. Konten kekerasan hingga narkoba," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Blora H. Arief Rohman menyampaikan, bahwa Musrenbang Keren sudah digelar empat kali, dikhususkan untuk perempuan, lansia, anak, dan difabel. Sekaligus sebagai wujud komitmen Pemkab Blora di bawah kepemimpinan Bupati Blora H. Arief Rohman untuk melibatkan kelompok rentan dalam pembangunan daerah.

’’Kaum perempuan, lansia, anak, hingga difabel agar bisa ikut memberikan masukan usulan kegiatan pembangunan Kabupaten Blora yang akan kita tuangkan dalam rencana kerja pemerintah daerah di tahun 2025 nanti,” ucapnya.

Menurutnya, program kesetaraan gender, pendidikan anak, pencegahan stunting, pencegahan pernikahan dini, kesehatan lansia, pemberdayaan perempuan, dan akses pelayanan publik bagi disabilitas.

’’Kami minta agar Bappeda merangkum semua. Sehingga, selanjutnya nanti bisa dibahas bersama dalam forum Musrenbang RKPD 2025. Semangat Sesarengan mBangun Blora Berkelanjutan,” ucap Bupati Blora. (DPRD/Redaksi)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »