Peringati Hari Kartini Ke-143, TP PKK Blora Ziarah Makam RA Kartini dan Pocut Meurah Intan


REMBANG - BLORA - Dalam rangka memperingati Hari Kartini  setiap 21 April, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Blora bersama perwakilan organisasi wanita yang ada di wilayah Blora, peringati Hari Kartini Ke-143 tahun ini, melaksanakan rangkaian kegiatan ziarah ke Makam Raden Ajeng Kartini, yang terletak di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. (21/4/2022).

Hadir mengikuti rangkaian kegiatan ziarah, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM,  Ketua TP PKK Blora Hj. Ainia Shalichah Arief Rohman,  Kepala Dinas Sosial P3A Blora, DWP Blora, Persit Blora, Bhayangkari Blora, serta organisasi wanita lainnya.

Adapun rangkaian kegiatan diawali dengan  ziarah dan doa bersama di Makam RA Kartini, di desa Bulu kemudian pada kesempatan tersebut juga  diserahkan bantuan sembako kepada penjaga makam dan petugas kebersihan makam. 

Kedatangan Wakil Bupati Blora dan Ketua TP PKK Blora disambut oleh Camat Bulu, Rembang Suswantoro, dan Wartono yang merupakan penjaga makam/juru kunci Makam RA. Kartini di Kecamatan Bulu.  

Wartono kemudian menjelaskan secara singkat sejarah RA Kartini termasuk juga kerabat yang dimakamkan di lokasi tersebut. Usai tahlil dan doa bersama, rombongan kemudian melakukan tabur bunga di pusara makam RA. Kartini dan beberapa makam lainnya yang masih keluarganya. 

Termasuk, makam Bupati Rembang Raden Adipati Djojo Adhiningrat yang merupakan suami RA. Kartini, dan makam Soesalit Djojoadhiningrat (Putra RA. Kartini).

Wartono, penjaga/juru kunci makam RA Kartini menyampaikan rasa terimakasihnya, atas kedatangan rombongan dari Kab. Blora untuk mendoakan Almarhumah RA Kartini.

"Saya mewakili dari ahli waris keluarga besar Almarhumah RA Kartini mengucapkan banyak-banyak terimakasih atas doa panjenengan semuanya," ujar Wartono.

Menginspirasi Perempuan di Blora

Selepas itu, rombongan kemudian berkunjung ke kediaman Ketua TP PKK Kabupaten Rembang untuk kemudian bersama-sama mengunjungi Museum RA Kartini. 

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Kabupaten Rembang Hj. Hasiroh Hafidz, menyambut baik kunjungan dari Wakil Bupati Blora dan Ketua TP PKK Blora bersama rombongan. 

“Dengan adanya kunjungan ibu Ketua TP PKK Blora saya merasa tersanjung dan beliau juga memperhatikan kegiatan kita setiap tanggal 21 dan berikutnya itu ada peringatan Hari Kartini dan beliau juga rawuh, untuk bisa berkunjung di makam RA Kartini dan bisa hadir di kediaman kami,” ungkap Hj. Hasiroh.

Pihaknya berharap, dengan kunjungan Museum RA Kartini tersebut dapat semakin menginspirasi masyarakat Blora untuk melanjutkan nilai-nilai perjuangan RA Kartini.

“Dengan kita tahu peninggalan ibu Kartini, Insyaallah untuk menginspirasi masyarakat perempuan di Blora akan semakin hebat,” imbuh Ketua TP PKK Kabupaten Rembang.

“Dengan kunjungan panjenengan ini, Insyaallah tali silaturahmi antara Kabupaten Blora dan  Rembang akan semakin erat lagi, syukur-syukur kegiatan ini diagendakan tiap 21 atau 20 April,” pungkasnya.

Koleksi Buku dan Karya RA Kartini

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Blora, menyampaikan bahwa ziarah tersebut selain untuk mendoakan RA Kartini, juga sebagai wujud penghormatan kepada beliau atas perjuangannya.

“Hari ini Alhamdulillah kita bisa berziarah di makam RA Kartini di Kecamatan Bulu, lalu kita melanjutkan silaturahim di kediaman beliau Ketua TP PKK Kabupaten Rembang kita disambut dengan baik, kita diajak dan ditemani meninjau museum yang memang ini bagian dari kegiatan ziarah tahun ini,” ungkapnya.

Disampaikannya, dengan mengunjungi museum RA Kartini, dapat mengenal lebih dekat kehidupan dan sosok RA Kartini yang merupakan seorang pahlawan emansipasi wanita Indonesia.

“Kunjungan ke museum ini menjadi satu rangkaian ziarah makam dan dengan ini akhirnya menjadi kita tahu betul bagaimana perjuangan beliau, koleksi beliau, dan  terkait surat-suratnya ke luar negeri. Tentu dengan ini akan semakin menambah semangat kita perempuan untuk melanjutkan perjuangan-perjuangan beliau,” ungkap Hj Ainia Shalichah

Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Setibanya kembali di Blora, Ketua TP PKK Blora bersama dengan organisasi wanita melakukan ziarah dan doa bersama di Makam Pocut Meurah Intan, di Desa Temurejo, Kota Blora.

Pada peringatan Hari Kartini tahun ini, Ketua TP PKK Blora juga melakukan ziarah di makam Pocut Meurah Intan, sosok pejuang yang gigih melawan penjajah. Pocut Meurah Intan merupakan pejuang wanita yang berasal dari Aceh dan dimakamkan di Tegal Sari, Desa Temurejo, Kota Blora.

Hj Ainia mengungkapkan, bahwa ziarah di Makam Pocut Meurah Intan untuk mendoakan sekaligus mengenang perjuangan beliau.

Ia berharap agar nantinya Pocut Meurah Intan dapat segera dijadikan pahlawan nasional.

"Karena beliau ini juga sudah di usulkan menjadi pahlawan nasional dan sudah didukung oleh Gubernur Aceh, beliau sudah mendukung secara moriil dan materiil, bapak Ganjar Pranowo juga demikian pula," tandas Hj Ainia.

Dalam tinjauannya ke Museum RA Kartini, Wakil Bupati Blora, Ketua TP PKK Blora dan Rembang, juga melihat berbagai barang, dokumentasi, koleksi - koleksi buku, dan karya RA Kartini. (ADY/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Wakil Ketua DPRD Blora Hadiri Peluncuran Maskot dan Jingle Pilkada 2024

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora, Mustopa S.Pd.I menghadiri acara peluncuran Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupa...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »