Hati Hatilah dengan HP Android Anda, Di Sadap Oknum tak Bertanggungjawab


Asyik bermain HP, Hati - Hatilah dengan HP
Android Anda, dimanapun anda berada.
Foto: ist.

TEKNOLOGI — Sebuah handphone dapat saja disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, oleh karena itu anda harus hati – hati dalam menggunakan handphone (HP), kenali betul HP anda, mulai dari batrei, aplikasi dan fasilitas proteksi pada HP hingga dimana anda meletakkannya, terutama saat dipinjam rekan/teman. ketika rusak dibawa ke tukang servis, bahkan di Sadap oleh oknum tak bertanggungjawab.

Digenggaman anda itu, terdapat data pribadi, foto spesial, aplikasi bank, histori, kontak relasi dan masih banyak lagi data privasi dan data penting anda, jadi tak sembarangan diketahui orang lain, untuk itu jagalah barang elektronik genggaman anda itu.

Berikut beberapa cara mengetahui HP yang disadap dengan mudah, simak penjelasannya dalam artikel berikut ini :

Cara mengetahui HP disadap

Berikut ini sejumlah tanda-tanda bahwa HP Anda sedang disadap, antara lain:

1. Baterai menjadi cepat boros / cepat habis

Cara mengetahui HP disadap pertama adalah baterai HP menjadi cepat habis meski tidak digunakan, bahkan ponsel menjadi memanas. Hal ini bisa terjadi karena software penyadapan sedang berjalan. Meski ponsel Anda tidak menyala dan tanpa suara.

Anda dapat memeriksa penggunaan daya baterai dan melakukan perbandingan ketika sering menggunakan dan tidak menggunakan.

2. Ada bunyi yang tidak wajar

Salah satu ciri-ciri HP sedang disadap adalah adanya suara atau bunyi yang tidak wajar saat Anda sedang bertelepon. Mulai dari suara dengungan, suara statis, hingga suara aneh lainnya.

Selain itu, bunyi tersebut juga bisa terjadi saat Anda tidak sedang bertelepon, seperti bunyi klik, bip, dan lain-lain. Anda dapat melacak suara ini menggunakan sensor bandwith..

3. Kegiatan mencurigakan

Apabila ponsel Anda mati, hidup, atau meng-instal aplikasi sendiri, maka kemungkinan besar HP Anda telah disadap atau dipasang aplikasi mata-mata.


Adapun kegiatan mencurigakan lainnya yang menandakan telah terjadi penyadapan pada ponsel diantaranya:

3.a. Muncul iklan pop-up

Iklan pop-up aneh yang muncul pada layar menandakan bahwa HP Anda terserang malware atau telah terpasang aplikasi penyadapan.

3.b. Ikon bergerak

Bilah dan ikon aktivitas yang bergerak secara mendadak adalah pertanda telah terjadi kegiatan penyadapan. Hal ini karena ada seseorang yang sedang mengendalikan perangkat Anda dari jarak jauh.

3.c. Muncul pesan aneh

Saat Anda sedang menerima pesan teks SMS berupa huruf dan angka yang tidak teratur dan dikirim dari nomor yang tidak dikenal, ini adalah salah satu cara seseorang sedang berusaha melakukan penyadapan pada perangkat Anda.


4. Ada permasalahan saat mematikan ponsel

Ponsel menjadi susah untuk dimatikan dan kurang responsif. Dimana layar akan tetap menyala atau gagal saat mencoba menekan tombol power. Dikarenakan ada seseorang Yang sedang mengakses ponsel Anda.

5. Data pribadi tersebar

Cara mengetahui HP disadap adalah data pribadi seperti gambar, dokumen, email, dan file dalam ponsel tersebar secara mendadak.

Ini berarti peretas telah berhasil masuk ke dalam perangkat Anda dan mentransmisikan data Anda ke mereka.

6. Tagihan telepon membengkak

Apabila tagihan telepon Anda menjadi membengkak dibanding biasanya, bisa jadi bahwa ponsel Anda telah diretas. Akan tetapi, ini bukanlah indikasi utama.

Bisa saja data seluler banyak digunakan karena Anda telah mengunduh banyak aplikasi.

Solusi HP disadap
Ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir tindakan penyadapan, antara lain:

1. Deteksi penyadapan melalui beberapa kode

Untuk mengetahui apakah ponsel Anda sedang digunakan oleh pihak lain, Anda bisa menggunakan kode angka yang dipencet pada tombol ponsel antara lain:

*#21#
*#21##
*#06#

2. Gunakan kode rahasia untuk menghentikannya

Cara mengatasi HP disadap adalah dengan menggunakan kode #002#. Kode angka tersebut dapat menghentikan bentuk penyadapan yang sedang terjadi pada ponsel Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kode *#61# untuk mematikan tindakan penyusupan pada ponsel. Ada pula kode *#62# yang bisa dimanfaatkan untuk memverifikasi nomor pengalihan atau call forwarding.

3. Perhatikan penggunaan VPN

Harap perhatikan penggunaan VPN (Virtual Private Network) pada ponsel Anda. VPN bisa mengenkripsi jaringan internet pengguna yang memicu pelaku untuk mengambil alih perangkat Anda. Bisa-bisa data Anda juga sedang ditransmisi oleh pelaku.

4. Reset ulang HP

Langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah reset ulang ponsel Anda seperti pada awal pembelian. Hal ini untuk menghindari aplikasi tersembunyi yang digunakan pelaku untuk membajak ponsel Anda.

5. Menghubungi call center operator

Cara mengatasi HP yang disadap langsung menghubungi call center operator yang Anda gunakan. Akan tetapi, harus perhatikan apakah operator yang dihubungi benar-benar asli. Hal ini karena pelaku bisa menggunakan identitas dari call center operator. 
“Lebih baik matikan saja, ketika anda jauh dan lama tinggalkan HP, terutama saat tidur matikan hanphone Anda”.  (Redaksi)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Bertekad Sukseskan Pilkada, Sekretariat PPK 16 Kecamatan di Blora Tandatangani Pakta Integritas

BLORA - Bupati Blora H. Arief Rohman bersama  Forkopimda Blora saksikan penandatanganan Pakta Integritas Sekretariat Panitia Pem...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »