Bupati Minta Command Center Blora Terus Dimatangkan Sebelum Dilaunching Akhir Februari


BLORA - Pemerintah Kabupaten Blora kini tengah mematangkan fasilitas dan layanan Command Center. Rencananya, Command Center akan siap untuk di-launching dan beroperasi pada akhir bulan ini. 

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, pada Jumat (18/02/2022) berkesempatan meninjau ruangan Command Center yang terletak di Lantai 2 Kantor Bupati Blora. 

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, Pratikto Nugroho, S.Sos, M.M melakukan pemaparan sekaligus menjajal fasilitas layanan data yang ada di Command Center dihadapan Bupati Blora dan Sekretaris Daerah Kab. Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si.

“Kami ingin sampaikan persiapan launching Command Center  tanggal 26 Februari 2022, terkait dengan persiapan kami untuk launching tersebut. Sehingga hari ini kami mohon petunjuk, mohon arahan dari Pak Bupati dan Pak Sekda terkait,” papar Kepala Dinkominfo Blora. 

Diungkapkan Pratikto, fitur-fitur yang ada di Dashboard Command Center  akan dipaparkan kepada Bupati dan Sekda untuk kemudian dievaluasi dan diberi masukan agar semakin matang.

“Sehingga bisa kami tampilkan nanti saat launching, dengan dashboard yang betul-betul bisa kita harapkan, bisa bermanfaat untuk semua orang. Kita akan nyuwun evaluasi terkait dengan dashboard command center,” ungkapnya. 

Lanjutnya, data-data tersebut bersumber dari OPD yang sudah diintegrasikan dan dapat diakses melalui Command Center. Sehingga pimpinan dapat menggunakan data-data tersebut sebagai salah satu pertimbangan dalam mengambil kebijakan.

Selain itu, tambah Kadin Kominfo Blora, dalam kesempatan tersebut juga akan dilakukan uji coba sistem e-office. Uji coba dilakukan dengan melibatkan Camat Blora dan Lurah Ngampel sebagai sampel.

“Kami akan uji coba sistem e-office, pada minggu kemarin selama dua hari, teman-teman dari Kominfo Sumedang sudah di Blora dan sudah membantu kami transfer knowledge terkait e-office. Kami menghadirkan Pak Camat Blora dan Pak Kades Ngampel kita uji coba  sejauh mana e-office ini bisa diterapkan, terutama untuk surat menyurat,” pungkasnya

Fungsional pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Nur Khamid, S.Kom,  kemudian memberikan penjelasan terkait fitur-fitur dan layanan yang ada di Command Center.

Dalam penjelasannya, Nur Khamid mengungkapkan bahwa ada setidaknya 9 item yang ada di Dashboard Command Center.

“Desain command center, ada 9 item yaitu terkait sosial, keuangan, pendidikan, kependudukan, infrastruktur, layanan publik, kesehatan, perizinan dan sosial media,” jelasnya

Dirinya mencontohkan, pada item infrastruktur nantinya data-data terkait infrastruktur di Blora yang salah satunya adalah jalan, dapat diakses dari Command Center. 

“Terkait infrastruktur, kita bisa lihat data terkait ruas jalan, kondisi jalannya, kerusakannya, ini ada keterangannya,” paparnya. 

Nur Khamid kemudian menjajal akses dari seluruh item-item yang ada Dashboard tersebut, sekaligus berdiskusi dengan Sekda dan Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra untuk optimalisasi Command Center.

Diharapkan dengan adanya Command Center tersebut, nantinya para pimpinan dapat mengakses data-data yang dibutuhkan untuk mengatasi berbagai persoalan. Sehingga diharapkan dengan berbasis data, nantinya dapat lahir kebijakan-kebijakan yang tepat.

Bupati Arief Rohman pun meminta agar Dinkominfo bisa terus menyempurnakan dashboard dan menu yang ditampilkan. 

"Data data nya tolong dilengkapi lagi agar Blora Satu Data nya juga bisa disinkronkan dalam command center ini. Sehingga ketika ada permasalahan datanya bisa langsung disajikan untuk menentukan kebijakannya," ucap Bupati. 

Dirinya ingin agar command center ini nantinya dapat dilaunching tepat pada peringatan satu tahun kepemimpinan, yang jatuh pada 26 Februari nanti. (ADY/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »