PG BLORA SEBUAH RINTISAN GULA NASIONAL

Ganjar Pranowo (tengah) dengan Kamajaja ketika meninjau lokasi PG Blora 
Blora,- Petani Blora siap dukung Jawa Tengah swasembada gula. Hal ini disampaikan Bupati Blora Djoko Nugroho ketika menerima kunjungan kerja Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di  Pabrik Gula (PG) Blora  yang berlokasi di Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, (09/01/2014). Bupati Blora Djoko Nugroho mengatakan berdirinya pabrik gula di Blora menjadi harapan masyarakat petani, disamping itu pabrik tebu akan menyerap tenaga kerja.  Saat ini lahan tebu ada sekitar 3.800 hektare. Sehingga dibutuhkan tenaga kerja di lahan tebu tersebut antara 40 sampai 50 ribu petani. “Berdirinya pabrik gula, Pemerintah Kabupaten Blora berharap agar pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Blora meningkat dan petani semakin sejahtera,” tegas Djoko Nugroho.
Temu wicara yang dihadiri para petani tebu dan rekanan petani tebu yang berlangsung di area pabrik gula Blora kali ini. Dihadiri oleh Orang nomor satu di Jawa Tengah, pada kesempatan itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo  mengingatkan bahwa komitmen awal berdirinya PG Blora adalah agar mensejahterakan masyarakat petani Blora. “Bukan janji manis tapi betul-betul berkomitmen dengan petani tebu. Disekitar pabrik gula sehingga mendapat kemakmuran yang lebih baik,” tandas Ganjar. Lebih lanjut, Gubernur Jawa Tengah mengharapkan berdirinya pabrik gula di Kabupaten Blora menjadi rintisan gula nasional. Untuk itu pihak pabrik diminta membina petani agar kualitas tebu sesuai dengan yang dikehendaki oleh pabrik.
Menanggapi keraguan Gubernur Jawa Tengah terkait rendemen tebu tersebut. Presiden Direktur Pabrik Gula Blora, Kamadjaja mengungkapkan bahwa pihak pabrik telah berkomitmen dengan petani di sekitar pabrik. Kedua belah pihak telah sepakat rendemen tebu minimum 8 persen, meskipun rendemen tebu petani dibawahnya. “Semua sudah ada tanda tangan kontrak antara pihak pabrik dengan para petani,” jelas Kamadjaja. (adi)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »